Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VCN Debit Online Tidak Bisa Untuk Bayar Cicilan

VCN Debit Online Tidak Bisa Untuk Bayar Cicilan
VCN Debit Online

VCN Debit Online Tidak Bisa Untuk Bayar Cicilan - Layanan yang dihadirkan perusahaan perbankan semakin kompleks, jika sebelumnya nasabah sangat familiar dengan kartu debit atau kartu ATM dimana begitu multifungsi memungkinkan kita transaksi di mesin ATM termasuk di mesin EDC bahkan bisa juga untuk transaksi online.

Sekarang semakin banyak perusahaan perbankan juga menghadirkan layanan Virtual Card Number atau biasa disingkat dengan nama VCN. Ini merupakan sebuah fasilitas Debit Online sebagai pelengkap kartu debit fisik.

Beberapa perusahaan perbankan nasional yang sudah memiliki layanan VCN Debit Online di antaranya Bank BNI, Bank CMB Niaga, dan yang terbaru adalah Bank BCA. VCN merupakan hasil kerjasama dengan penerbit kartu terkemuka di dunia yaitu MasterCard.

Mengapa ada Debit Online kalau nasabah sudah punya kartu debit?

Secara sistem Debit Online relatif lebih aman ketika digunakan transaksi karena dia hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi dan saldonya pun tidak mengikuti saldo di rekening tetapi bisa di top-up sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Sebagai contoh, jika nasabah ingin transaksi sebesar Rp1.000.000 maka cukup isi saldo VCN Debit Online sebesar nominal tersebut. Andaikata ada kejadian pembobolan data di tempat kita melakukan transaksi nasabah tidak perlu khawatir saldo di rekening akan terkuras.

Hanya saja di sini layanan Debit Online hanya bisa digunakan untuk pembayaran transaksi dengan metode full payment tidak support untuk sistem pembayaran cicilan atau kredit. Jika nasabah ingin melakukan pembayaran dengan skema cicilan secara online hanya memungkinkan dengan menggunakan kartu kredit atau memanfaatkan fasilitas cicilan online.

Karena VCN Debit Online merupakan kerjasama perusahaan perbankan dengan MasterCard ini artinya hanya bisa dinikmati oleh nasabah pemegang kartu debit atau kartu ATM yang berlogo MasterCard. Untuk kartu ATM berlogo VISA atau berlogo GPN belum bisa.

Meski penggunaan Debit Online relatif lebih aman dibanding dengan menggunakan kartu debit konvensional ketika transaksi nasabah juga perlu waspada khususnya ketika ada pihak yang mengatasnamakan perusahaan perbankan maupun e-commerce tempat bertransaksi meminta kode keamanan dari Debit Online seperti CVC2 maupun tanggal masa berlaku. Karena banyak kasus penipuan sehingga merugikan nasabah secara finansial.

Baca: Cara Request Nomor VCN BNI Melalui *141#

Bagi nasabah yang ingin mencoba layanan VCN Debit Online bisa request nomor Debit Online dan isi saldo sesuai dengan kebutuhan ketika transaksi.

Posting Komentar untuk "VCN Debit Online Tidak Bisa Untuk Bayar Cicilan"