Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Energi Utama Bagi Tubuh Manusia

Sumber Energi Utama Bagi Tubuh Manusia - Tubuh kita bagaikan sebuah mesin, mesin dapat terus bergerak bila ada bahan bakarnya. Tidak semua benda/makanan yang dikonsumsi bisa dijadikan bahan bakar atau sumber energi nge-gym. Ada tiga zat yang bisa menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia, diantaranya karbrohidrat, protein dan lemak.

Sumber Energi Utama Bagi Tubuh Manusia
Sumber Energi Utama Bagi Tubuh Manusia
  
Karbohidrat banyak terdapat pada beras, jagung dan gula. Karbohidrat termasuk sumber energi utama, di dalam tubuh karbohidrat akan dirubah menjadi glukosa [gula] dan dioleh menjadi energi, 1 gr karbohidrat menghasilkan 4 kilo kalori.

Protein, protein merupakan zat utama dalam pembentukkan sel. Protein banyak terdapat dalam daging dan kacang-kacangan. Protein menjadi sumber energi setelah karohidrat. 1 gr protein menghasilkan 4 kilo kalori.

Lemak, jangan anggap lemak sesuatu yang merugikan kaena lemak juga termasuk sumber energi bagi tubuh manusia senang. Lemak dijadikan sumber energi cadangan setelah karbohidrat dan protein. 1 gram lemak menghasilkan 9 kilo kalori - Sumber Energi Utama Bagi Tubuh Manusia.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Beda Penyakit Infeksi dan Non Infeksi.