Sabtu, 27 Januari 2018

Cara Buka Blokir Mandiri Internet Banking 3x Salah Password

Cara Buka Blokir Mandiri Internet Banking 3x Salah Password
Mandiri Internet Banking

Menjelang malam hari saya menerima notif di aplikasi pesan Whatsapp ada yang mau beli iTunes Gift Card dengan nominal paling murah. Dia memilih metode pembayaran transfer ke bank saya pun beli daftar rekening kebetulan salah satunya ada rekening Bank Mandiri.

Begitu uang berhasil ditransfer dikirim juga bukti transaksi melalui WhatsApp, saya pun coba cek mutasi rekening melalui Mandiri Internet Banking. Celakanya setelah 3x mencoba login ternyata password yang dimasukkan salah padahal saya yakin kode password benar. Customer service bank Mandiri melalui sambungan telepon saya hubungi dan dinyatakan user ID Mandiri Internet Banking di nomor rekening saya telah dinyatakan terhapus dari sistem dengan kata lain terblokir karena 3x salah memasukkan password.

Dan sayangnya juga registrasi melalui call center juga tidak memungkinkan karena untuk bisa registrasi ulang di layanan Mandiri Internet Banking hanya di kantor cabang Bank Mandiri atau melalui mesin ATM Mandiri menggunakan kartu debit. Celakanya kartu debit Mandiri saya juga berstatus diblokir. Untuk buka blokir kartu debit atau kartu ATM Mandiri sebelumnya sudah saya bahas di postingan "Cara Buka Blokir Kartu Debit ATM Mandiri".


Setelah kartu debit Mandiri berhasil kembali diaktifkan saya pun buru-buru registrasi ulang di layanan Mandiri internet banking melalui mesin ATM Bank Mandiri. Selanjutnya aktivasi di website resmi Bank Mandiri melalui halaman login Mandiri Internet Banking versi lama. Jadi bagi Anda nasabah bank Mandiri yang kebetulan mengalami masalah sama di mana layanan Mandiri Internet Banking terblokir karena salah memasukkan password lebih dari tiga kali bisa dipastikan status user ID tersebut telah dihapus dari sistem.

Satu-satunya cara untuk membuka blokir atau mengaktifkan kembali user ID tersebut dengan registrasi ulang seperti yang saya lakukan di atas. Setelah registrasi di mesin ATM Mandiri dilanjutkan ke tahap aktivasi bisa menggunakan user ID yang sama dengan sebelumnya.

Karena masalah ini saya pun harus menjelaskan ke customer yang sebelumnya sudah transfer uang untuk keperluan beli iTunes Gift Card agar bersedia menunggu selama proses registrasi ulang yang kebetulan memakan waktu sampai 1 hari karena ketika user ID saya dihapus kejadiannya malam hari jadi tidak mungkin mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang sedang tutup.

Baca juga: Cara Daftar Registrasi Internet Banking Mandiri di ATM

Jika merasa kesulitan registrasi ulang di layanan Mandiri Internet Banking melalui mesin ATM Bank Mandiri bisa meminta bantuan customer service di kantor cabang Bank Mandiri hanya saja tidak seluruh unit kantor cabang pembantu bisa memproses registrasi Mandiri Internet Banking apalagi untuk mendapatkan alat transaksi Token PIN Mandiri.

Satu hal yang saya sukai dari layanan Mandiri Internet Banking yaitu penggunaan alat transaksi yang saya sebut di atas Token PIN Mandiri menyerupai alat transaksi KeyBCA milik layanan internet banking KlikBCA. Karena kebetulan saya lebih sering mengakses internet melalui perangkat komputer desktop jadi ketika ditawari metode verifikasi transaksi finansial saya memilih Token PIN Mandiri dibandingkan menggunakan mobile PIN. Dikenakan biaya admin sebesar Rp20.000 untuk bisa memiliki alat transaksi ini.

Kebetulan juga ketika user ID Mandiri Internet Banking sebelumnya telah terhapus oleh sistem dan saya registrasi ulang dengan menggunakan user ID yang sama alat transaksi Token PIN Mandiri ini bisa dihubungkan kembali. Jadi tidak perlu meminta alat baru ke kantor cabang Bank Mandiri.

Saya harap kejadian ini tidak terulang lagi. Solusinya membuat password Mandiri Internet Banking identik dengan kode PIN kartu ATM atau kartu debit Mandiri tetapi tidak sama. Meskipun pengurusan yang tidak terlalu sulit tetapi tetap harus meluangkan waktu setidaknya setengah hari, apalagi nasabah yang rumahnya jauh dari lokasi mesin ATM Mandiri.

Jadi seperti itulah sesuai pengalaman pribadi cara buka blokir Mandiri Internet Banking 3x salah password yang akhirnya berujung dengan status terhapusnya user ID di sistem Bank Mandiri.

Cara Buka Blokir Mandiri Internet Banking 3x Salah Password Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra