Jumat, 26 Januari 2018

Akhirnya Dana Proteksi Kredit Macet Koinworks Cair

Akhirnya Dana Proteksi Kredit Macet Koinworks Cair
Koinworks

Saya yakin 80% Anda yang masuk ke halaman ini sedikit tidaknya sudah paham apa itu Koinworks yang beralamat di website resmi koinworks.com. Ya, benar sekali Koinworks merupakan perusahaan peer to peer landing investasi online menjadi media penghubung antara peminjam modal dengan pemberi dana.

Koinworks telah terdaftar diawasi serta memiliki izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan sehingga seluruh dana investasi mendapatkan jaminan keamanan walaupun tidak 100%. Tentu ini menjadi nilai lebih ketika kita memutuskan untuk terjun ke investasi online khususnya peer to peer lending. Saat ini sudah semakin banyak perusahaan sejenis mendaftarkan diri ke OJK.

Baca juga: Coba Cari Pengalaman Investasi di Peer to Peer Fintech

Awal mula saya menempatkan dana investasi di Koinworks sekitar setahun yang lalu. Loan pertama berjalan lancar bahkan jarang sekali pihak borrower terlambat membayar cicilan kredit setiap bulannya. Tetapi, kendala mulai terlihat ketika pembiayaan kedua disalurkan dimana peminjam membayar tepat waktu di bulan pertama saja sedangkan di bulan berikutnya hanya denda keterlambatan bahkan untuk bunga kredit pun tidak mampu dibayar sepenuhnya. Saya sempat melapor ke pihak Koinworks di bulan keempat namun belum bisa dikatakan sebagai kredit macet. Hingga sampai pada bulan Januari 2018  borrower tidak menjalankan kewajibannya membayar kredit sehingga dinyatakan gagal bayar atau kredit macet.

Kredit Macet
Kredit Macet

Pembiayaan tersebut mendanai peminjaman dengan grade B. Meskipun demikian saya tidak kehilangan seluruh dana yang telah disalurkan karena Koinworks memberikan perlindungan berupa dana proteksi, nominalnya disesuaikan dengan tingkat grade peminjam. Dalam hal ini kebetulan untuk gade B mendapatkan dana proteksi sebesar 80% dari sisa pokok angsuran yang belum dibayar.

Skema Dana Proteksi
Skema Dana Proteksi

Tapi saya mesti bersabar menunggu pencairan dana proteksi kredit macet di Koinworks. Pertama kali diinformasikan butuh waktu setidaknya 10 hari kerja agar dana proteksi bisa cair masuk ke saldo akun, namun kemudian pada pengaplikasiannya melebihi sampai dengan 15 hari kerja. Dana proteksi Koinworks bisa langsung dicairkan ke nomor rekening Bang terdaftar di Koinworks.

Begitu coba melakukan withdraw penarikan dana yang didapat dari dana produksi kredit macet beberapa hari kemudian saya dihubungi oleh bagian customer service Koinworks verifikasi apakah benar akan melakukan transaksi withdraw dengan jumlah tertentu.

Jadi, dalam kasus ini saya mengalami kerugian sebesar 20% dari total dana yang ditempatkan pada pinjaman kredit macet tersebut. Sebelumnya Koinworks telah memberikan beberapa tips agar calon investor bisa meminimalisir kerugian akibat kredit macet yaitu dengan membagi pendanaan tidak sepenuhnya pada satu pinjaman. Juga memilih calon peminjam dengan grade A meskipun tidak ada jaminan skala tersebut pembayarannya akan lancar, hanya meminimalisir.

Loan Grade
Loan Grade

Di Koinworks kita bisa menginvestasikan dana mulai dari Rp100.000 dengan tingkat pengembalian atau bunga asli bisa mencapai 30% per tahun tergantung dari grade peminjam. Yang perlu diperhatikan dalam memilih pendanaan adalah jangka waktu tenor dan jenis bunga imbal hasil yang diberikan karena ada yang bersifat bunga flat dan bunga efektif. Detailnya bisa dilihat pada halaman website resmi Koinworks. Saya pernah mengalami kekeliruan, saya pikir mendapat bunga flat tetapi nyatanya berlaku bunga efektif. Berbeda dengan perusahaan investasi online peer to peer lending yang sebelumnya lebih dulu saya ikut bergabung di mana bunga yang ditampilkan seluruhnya adalah bunga flat.

Tips aman berinvestasi di pembiayaan online akan lebih baik apabila kita lebih aktif menghubungi customer service jika membutuhkan informasi maupun bantuan yang kurang dipahami. Cari juga referensi sebanyak mungkin karena yang namanya investasi tidak hanya profit yang didapat bisa juga rugi dengan berbagai risiko. Yang penting sekali bagi investor baru jangan mudah tergiur dengan return bunga tinggi.

Popularitas investasi peer to peer lending memang sedang meningkat sehingga ada kemungkinan dimanfaatkan oleh oknum yang coba mencari keuntungan berdampak pada kerugian kita sebagai investor. Biasanya platform tersebut menawarkan return penghasil jauh lebih tinggi bahkan jika dikalkulasikan bunga tidak masuk akal. Untuk memberikan perlindungan Otoritas Jasa Keuangan cukup sigap menanggapi situasi ini mewajibkan seluruh perusahaan yang menghimpun dana masyarakat untuk diinvestasikan dan disalurkan memiliki izin operasional dan terdaftar di OJK.

Sejauh ini sejak mulai pertama gabung di Koinworks sebagian besar pinjaman mendapat pembayaran kredit lancar hanya satu pinjaman masuk ke dalam kredit macet sehingga berujung pada dana proteksi.

Akhirnya Dana Proteksi Kredit Macet Koinworks Cair Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra