Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Jumat, 01 Desember 2017

Cara Investasi Online Amartha Syariah Peer to Peer Lending

Cara Investasi Online Amartha Syariah Peer to Peer Lending
Amartha

Sejak pertama kali muncul di masyarakat fungsi utama bank adalah tempat melakukan pertukaran uang kemudian menjadi tempat simpan pinjam di mana nasabah maupun non nasabah bisa melakukan pinjaman sejumlah dana.

Selain di bank masyarakat juga kerap mendapatkan pinjaman dana dari koperasi yang mereka buat secara berkelompok. Seperti halnya bank koperasi pun memiliki kebijakan tersendiri untuk menjaga kesehatan keuangan koperasi tersebut. Dan saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai lebih dari 200 juta jiwa tentu tidak semua dari kita terjangkau oleh bank juga koperasi untuk bisa mendapatkan pinjaman dana.

Seiring dengan perkembangan dunia digital yang melihat permasalahan ini akhirnya memunculkan berbagai ide salah satunya adalah pembiayaan online dengan sistem peer to peer lending (P2P). Salah satu perusahaan yang sudah cukup lama berkecimpung diinvestasi ini adalah Amartha. Setiap orang bisa menjadi investor maupun peminjam modal di sana mulai dari Rp3.000.000, menariknya perusahaan ini mendengarkan kebijakan syariah dalam menjalankan investasi dan teerlah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Berikut saya tunjukkan langkah-langkah cara investasi di Amartha investasi peer to peer lending berbasis Syariah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dafar/registrasi alamat website resmi Amartha.com

Daftar
Daftar

Setelah proses registrasi berhasil dan alamat email telah terverifikasi sekarang waktunya memberikan pendanaan, kebanyakan adalah ibu-ibu rumah tangga mengembangkan usaha rumahan berbasis UMKM. Sekarang saatnya login di halaman utama website resmi Amartha.com

Dashboard
Dashboard

Setelah berhasil masuk di halaman utama atau dashboard Amartha kita akan ditampilkan beberapa informasi seperti dana tersedia, investasi aktif, termasuk detail portofolio. Bagi Anda yang baru bergabung semua informasi tersebut akan menunjukkan Rp. 0. Untuk memulai investasi pendanaan pada menu utama di samping kiri atas pilih "Marketplace"

Mitra Usaha
Mitra Usaha

Dihalaman marketplace kita ditampilkan daftar peminjam yang membutuhkan modal usaha seperti untuk renovasi rumah, modal dagang, biaya berobat, juga biaya pendidikan sekolah anak. Silahkan pilih mitra usaha yang ini didanai. Masing-masing akan ditampilkan informasi pribadi mulai dari tanggal bergabung, penghasilan perbulan, tujuan pembiayaan, plafon pinjaman, tenor pembiayaan biasanya 50 minggu, proyeksi imbal hasil, tanggal pengajuan pinjaman dan tanggal pencairan, angsuran pokok mingguan, imbal hasil mingguan.

Baca juga risiko investasi yang telah dijelaskan oleh Amartha karena setiap investasi pastilah memiliki risiko masing-masing jadi jika ada produk investasi yang menawarkan keuntungan pasti maka itu patut dipertanyakan lebih jauh. Langkah selanjutnya silahkan tekan tombol "Langsung Danai"

Pendanaan
Pendanaan

Pada halaman berikutnya kita ditampilkan detail check out mulai dari nama mitra usaha, sektor pembiayaan, lamanya tenor pinjaman, jumlah plafon, serta skor kredit. Jika memiliki kode voucher promo silakan masukkan pada kolom kemudian tekan "Apply". Perhatikan ringkasan transaksi jika sudah sesuai silakan "Lanjut Ke Pembayaran"

Pembayaran

Di sini tersedia dua metode pembayaran melalui virtual account Bank BCA dan Bank Mandiri silahkan pilih dan transfer sesuai dengan jumlah dana pada halaman tersebut. apabila dana telah berhasil ditransfer kita bisa cek pada menu "Rekening" untuk memastikan saldo top up sudah masuk ke rekening Amartha.

Rekening
Rekening

Jika saldo top up sudah masuk tunggu beberapa saat dan coba refresh halaman maka secara otomatis dana tersebut akan masuk rincian investasi dimana pendanaan telah disalurkan ke peminjam nampak pada mutasi uang keluar. Untuk memastikan investasi pendanaan telah tersalurkan silahkan kembali menuju ke halaman "Dashboard" pada detail "Menunggu Pencairan" akan tertera nominal dana yang tadi diinvestasikan.

Menunggu Pencairan
Menunggu Pencairan

Pencairan dana kepeminjam biasanya antara 3 sampai 7 hari. Apabila telah cair akan masuk ke bagian portofolio saya di sisa pokok aktif dan total dana ditempatkan.

Jadi seperti itu langkah-langkah cara investasi di Amartha peer to peer lending berbasis syariah di Indonesia dimana imbal hasil yang bisa kita peroleh antara 15% hingga 17% pertahun sesuai dengan akad pinjaman.

Cara Investasi Online Amartha Syariah Peer to Peer Lending Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra