Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Kamis, 26 Oktober 2017

Pengalaman Reset Ulang User ID & Password Internet Banking BRI

Pengalaman Reset Ulang User ID & Password Internet Banking BRI
Internet Banking BRI

Hampir 6 bulan lamanya saya tidak pernah ubah password di layanan Internet Banking BRI sampai akhirnya muncul pemberitahuan otomatis untuk ganti password seperti biasa syarat dan ketentuannya wajib memiliki karakter angka dan huruf minimal 8 digit.

Begitu password berhasil diganti saya pun seperti biasa menggunakan layanan Mobile Banking BRI dengan mengakses fitur Internet Banking untuk transaksi transfer saldo dan secara keseluruhan semuanya berhasil.

Masalah baru muncul keesokan harinya tiba-tiba saya lupa password Internet Banking BRI yang baru kemarin diganti. Celakanya setelah tiga kali mencoba dan semua usaha tersebut gagal akhirnya layanan Internet Banking BRI tersebut terblokir otomatis oleh sistem karena memang kebijakannya demikian. Seperti yang sudah-sudah ketika mengalami masalah layanan call center Bank BRI saya hubungi untuk meminta bantuan, dijelaskan oleh customer service ada perubahan kebijakan layanan dimana untuk reset User ID maupun password Internet Banking BRI nasabah wajib datang ke kantor cabang Bank BRI di mana sebelumnya bisa dilakukan melalui layanan call center BRI Call.

Bagaikan sebuah kiasan sudah jatuh tertimpa tangga pula karena saat itu kebetulan adalah hari Jumat sore artinya mau tidak mau harus menunggu hari Senin untuk mengurus Internet Banking tersebut. Setelah melihat jadwal kegiatan di hari Senin juga tidak memungkinkan karena adat kegiatan adat tetangga menyelenggarakan upacara pernikahan jadi terpaksa harus berpindah jadwal ke hari Selasa.

Baca juga: Cara Aktivasi Internet Banking BRI Lewat ATM

Selasa, pagi-pagi sekali saya berangkat ke kantor cabang Bank BRI di dekat rumah namun ternyata permintaan tidak bisa diproses karena kebetulan kartu debit BNI sudah expired jadi mesti buat kartu baru dan harus di kantor cabang tempat buka rekening tabungan. Saya baru ingat rekening tabungan tersebut dibuat di kantor cabang BRI Denpasar. Sekali lagi jadwal diatur ulang ke Denpasar baru bisa pada hari Rabu.

Di hari Rabu kurang dari pukul 08.00 pagi menuju kantor cabang bri Denpasar sesampainya di sana masih tutup terlihat jajaran officer Bank BRI masih melakukan meeting dan doa bersama. Tepat pukul 08.00 pagi nomor antrian resmi dibuka untunglah hanya perlu menunggu 6 antrian. Begitu nomor antrian dipanggil menuju customer service langsung saja saya jelaskan ingin reset ulang password Internet Banking BRI. Tidak lebih dari 1 menit customer service meminta untuk login ulang di halaman website internet banking BRI saya coba beberapa kali ternyata masih gagal.

Akhirnya saya minta untuk reset ulang User ID termasuk password dengan kata lain menonaktifkan User ID sebelumnya dan registrasi ulang di layanan Internet Banking BRI. Prosesnya memakan waktu beberapa menit karena customer service harus mengisi formulir terkait informasi rekening untuk registrasi. Setelah mendapatkan User ID yang ternyata sama dengan sebelumnya saya pun diminta melakukan aktivasi internet banking di website resmi melalui web browser di perangkat smartphone.

Pengalaman Reset Ulang User ID & Password Internet Banking BRI
Print Out Registrasi I-Banking BRI

Mungkin karena sedang berada di dalam gedung jadi kualitas koneksi sambungan data internet yang saya dapat tidak terlalu bagus saya pun langsung meminta kepada customer service untuk langsung memproses request m-Token dikirim melalui SMS agar nantinya bisa bertransaksi financial di layanan Internet Banking BRI.

Tidak tahan menunggu terlalu lama web browser memuat halaman Internet Banking BRI saya katakan kepada customer service akan melakukan aktivasi di rumah apalagi SMS aktivasi mToken telah diterima dengan masa berlaku kurang lebih 12 jam. Pihak customer service nampaknya memahami dan mempersilahkan apalagi saya lihat nomor antrian di belakang semakin banyak jadi kasihan juga menunggu di mana sebenarnya saya bisa melakukannya sendiri jika hanya untuk aktivasi Internet Banking dan m-Token BRI.

Baca juga: Cara Mendapatkan mToken Internet Banking BRI

Selama perjalanan pulang saya perhatikan ternyata signal dan kualitas sambungan internet di handphone cukup bagus akhirnya bisa aktivasi sambil menuju rumah.

Jadi seperti itulah pengalaman singkat yang sebenarnya butuh beberapa hari hehehe.. untuk mengurus reset ulang User ID dan password Internet Banking BRI sesuai dengan kebijakan terbaru tidak bisa dilakukan hanya melalui BRI Call tetapi nasabah wajib meminta bantuan customer service di kantor cabang BRI terdekat. Hanya saja apabila kartu debit BRI hilang atau rusak termasuk expired diharuskan membuat kartu baru terlebih dahulu itu hanya bisa dilakukan di kantor cabang tempat buka rekening tabungan BRI.

Saat meminta reset ulang User ID juga password Internet Banking BRI tidak dikenakan biaya administrasi karena memang registrasi di layanan ini gratis baik di customer service kantor cabang maupun melalui mesin ATM BRI.

Pengalaman Reset Ulang User ID & Password Internet Banking BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra