Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Sabtu, 22 Juli 2017

Awas!! Penipuan Mengatasnamakan Kaskus BranKas

Bagi sebagian besar pengguna internet di Indonesia tentu sudah mengenal forum Kaskus yang biasa digunakan untuk berkomunikasi kasak-kusuk dari berbagai regional di Indonesia dan berbagai katagori bahasan atau lebih dikenal dengan nama thread.

Awas!! Penipuan Mengatasnamakan Kaskus BranKas
Awas!! Penipuan Online

Selain sebagai media berkumpul dan berbagi berbagai hal Kaskus juga terkenal sebagai tempat jual beli online dimana disediakan forum jual beli dengan berbagai fitur yang terbaru adalah Kaskus BranKas.

Layanan ini adalah rekening bersama atau rekber resmi yang disediakan oleh pihak Kaskus sendiri dimana sebelumnya sudah banyak rekber yang disediakan oleh anggota forum Kaskus. Namun fitur BranKas ini sudah mulai dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan.

Kejadian ini baru saja saya alami kebetulan menjual beberapa kategori produk di forum jual beli Kaskus hanya saja selama ini tidak pernah memanfaatkan fitur Kaskus BranKas hanya sesekali menggunakan KasPay untuk membeli pelayanan Kaskus Donatur. Tiba-tiba Tadi malam saya menerima pesan melalui WhatsApp menanyakan stok produk yang saya jual.

Sesaat kemudian ada SMS masuk pesan yang berisi informasi bahwa saya mendapat saldo masuk ke dalam Kaskus BranKas. Isi SMSnya seperti dibawah.

Dear ****, Notifikasi KASKUS BranKas untuk transaksi pulsa hanya dilakukan via sms, Saldo brankas akan muncul setelah anda memproses pengiriman pulsa dan konfirmasi ke email (brankas@kaskus.co.id)
Salam, KASKUS

Selang beberapa detik masuk SMS kedua dengan detail:

Dear ****, agan telah menerima pembayaran dari KASKUS BranKas sebesar Rp. 475.000,- dari Naufal Syarif (+6287887233671) dengan ID Transaksi GHX70822J18. Mohon untuk segera memproses pesanan kepada pembeli.
Salam, KASKUS

Awas!! Penipuan Mengatasnamakan Kaskus BranKas
Pesan WA & SMS Penipu

Lalu kembali pesan WhatsApp saya terima yang mengatakan bahwa dia telah memproses di Kaskus BranKas.

Dan saya pun mengatakan bahwa selama ini tidak pernah menggunakan fitur Kaskus BranKas transaksi melalui transfer ke rekening bank. Baca juga: Hati-hati Penipuan Kode Verifikasi Go-Jek

Dan dia tidak membalas pesan tersebut sampai saat ini. Ini menjadi peringatan bagi kita yang sedang membuka lapak di Kaskus karena semakin banyak cara orang melakukan penipuan. Uniknya lagi jika di awal awal kemunculan internet pihak yang paling banyak ditipu adalah pembeli sekarang mulai beralih penipu banyak menyasar para penjual.

Jika saja sampai kesalahan tersebut saya proses tentu kerugian yang akan didapat karena tidak ada saldo atau uang yang masuk ke Kaskus BranKas.

Awas!! Penipuan Mengatasnamakan Kaskus BranKas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra