Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Rabu, 04 Januari 2017

Akhirnya Kartu Bandung Sehat Dibagikan

Akhirnya Kartu Bandung Sehat Dibagikan - Sebelumnya saya telah memposting bagaimana cara membuat Kartu Bandung Sehat (KBS) sesuai dengan pengalaman tepatnya pada tanggal 14 Desember 2016 ketika itu dilakukan di balai Dusun / balai Banjar pengumpulan data bersama dengan warga lainnya. [Baca: Cara Membuat Kartu Badung Sehat]

Kurang dari 1 bulan setelah data dikumpulkan akhirnya kartu dicetak dan resmi dibagikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Badung. Pengambilan di balai Dusun masing-masing mulai tanggal 2 Januari 2017.

Karena saya sendiri tidak mengetahui jadwal pengambilan akhirnya Kartu Badung Sehat diantar oleh saudara. Di bawah ini "penampakannya"

Akhirnya Kartu Bandung Sehat Dibagikan
KBS - KIS Bagian Depan

Di sini bisa kita lihat pada bagian KOP tertera tulisan Kartu Bandung Sehat diapit oleh logo Kabupaten Badung di sebelah kiri serta Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung aktif saat ini.

Pada bagian depan detail kartu tertera nomor KBS - KIS, nama pemegang kartu, nomor induk kependudukan (NIK) sesuai dengan nomor KTP, tempat & tanggal lahir, serta alamat sesuai kartu identitas diri KTP.

Akhirnya Kartu Bandung Sehat Dibagikan
KBS - KIS Bagian Belakang + Barcode

Sekarang mari kita balik pada bagian belakang kartu juga terlihat tulisan kapital Kartu Bandung Sehat dibawahnya ada penjelasan beberapa syarat dan kebijakan seperti berikut:
  1. Kartu peserta harap dibawa ketika berobat.
  2. Apabila ada perubahan atau kehilangan kartu, segera melapor ke Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.
  3. Terhadap penyalahgunaan kartu ini diluar tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.
  4. Bagi yang menemukan kartu ini harap mengembalikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Sedangkan di pojok kanan bawah ada barcode dan coba saya scan menggunakan kamera smartphone ternyata mengarah ke nomor induk kependudukan (NIK) bukan nomor KBS - KIS. Nampaknya fitur ini bermanfaat untuk scan digital agar proses administrasi di tempat pelayanan kesehatan bisa dilakukan lebih cepat apalagi sistem sekarang sudah online.

Lalu kemudian muncul pertanyaan "Di mana foto peserta pemegang Kartu Bandung sehat?"

Seperti yang telah dilewati oleh calon peserta dimana ada proses pemotretan atau pengambilan foto yang rencananya ditempel pada Kartu Bandung Sehat. Tidak adanya foto pemegang kartu mungkin desakan waktu karena kartu ini harus sudah dibagikan per Januari 2017. Akankah ada update kartu baru di kemudian hari yang menempelkan foto peserta?

Bagaimana cara kerja Kartu Bandung Sehat?

Jika saya lihat pada detail tertera nomor KBS - KIS mungkin ini adalah program yang mengkombinasikan program pemerintah daerah khususnya Kabupaten Bandung dengan pemerintah pusat Republik Indonesia yang telah meluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) masuk ke dalam BPJS Kesehatan. Hanya saja pemerintah daerah Kabupaten Badung membebaskan iuran bulanan yang artinya ditanggung sepenuhnya.

Kartu Bandung sehat nantinya bisa digunakan untuk berobat di Rumah Sakit Mangusada atau Rumah Sakit Umum Kapal Daerah Bandung. Katanya juga bisa digunakan jika ingin berobat di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah kota Denpasar tentu saja syaratnya wajib membawa Kartu KBS - KIS.

Peserta Kartu Bandung Sehat mendapatkan fasilitas kelas 3 untuk perawatan medis termasuk tindakan medis baik itu rawat inap, rawat jalan, maupun tindakan seperti operasi.

Karena kartu telah dibagikan secara resmi kepada masyarakat Kabupaten Bandung tentu kita patut mengapresiasi kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung karena mampu memberikan jaminan kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

Akhirnya Kartu Bandung Sehat Dibagikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra