Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 06 April 2016

Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes?

Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes? - Jika biasanya sistem pengobatan untuk penderita penyakit diabetes militus atau kencing manis memanfaatkan berbagai obat herbal dalam bentuk buah maupun daun-daunan dengan prinsip mengurangi pemasukan kalori kini muncul topik baru.

Sebuah penelitian nasional menunjukkan bahwa yang terdapat di dalam ikan gabus ternyata mampu mengurangi keluhan yang terjadi pada penyakit diabetes melitus yaitu kadar gula darah tinggi dan perbaikan kelenjar pankreas yang bertugas memproduksi insulin.

Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes?
Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes?

Studi ini dimulai dengan memanfaatkan hewan uji yang telah mengalami kerusakan pada kelenjar pankreas kemudian diberikan ekstrak ikan gabus. Dari pemantauan ini didapatkan hewan tersebut mengalami peningkatan signifikan dalam hal perbaikan kelenjar pankreas. Namun demikian tidak disebutkan Berapa lama rentan waktu pemberian ekstrak ikan gabus maupun jumlah dosis.

Meskipun ini masih dalam tahap studi atau penelitian tetapi diharapkan kedepannya bisa ditemukan selisih lebih banyak untuk menangani masalah penyakit diabetes melitus atau kencing manis nah ini jumlahnya terus mengalami peningkatan khususnya di Indonesia.

Pada kasus penyakit diabetes peranan kelenjar pankreas memang sangat penting khususnya pada diabetes melitus tipe 1 yang memang terjadi karena ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin.

Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes Pankreas
Ilustrasi Kelenjar Pankreas

Pada studi tersebut juga disebutkan sekitar 69% kelenjar pankreas bisa mengalami perbaikan setelah diberikan ekstrak ikan gabus.

Sekadar informasi tambahan ikan gabus adalah jenis ikan air tawar dimana memiliki daya tahan hidup diatas rata-rata ikan lain yang setara dengan ikan lele. Hanya saja saat ini budidaya ikan gabus tidak sepopuler jenis ikan lainnya.

Para peneliti berharap kedepannya penelitian ini akan dilanjutkan ke tahap yang lebih jauh yaitu dikembangkan dalam bentuk molekuler. Kedepannya akan menjadi sistem baru dalam metode pengobatan di Indonesia.

Penelitian ini butuh lebih banyak pengembangan untuk bisa benar-benar memastikan apakah ekstrak ikan gabus bisa menyembuhkan penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Benarkah Ikan Gabus Bisa Menyembuhkan Diabetes? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra