Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 25 Maret 2016

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh - Sebenarnya ada beberapa tipe dari penyakit tuberkulosis namun yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah penyakit TBC paru yang memang menyerang pada organ paru-paru mengakibatkan penderitanya sesak nafas menyerupai gejala asma.

Penyakit TBC merupakan penyakit kronis infeksi yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Kuman ini sangat suka di lingkungan tempat itulah alasan mengapa penderita penyakit TBC dihimbau untuk lebih sering mendapat paparan sinar matahari. Begitu juga ketika ingin membuang dahak usahakan terkena sinar matahari langsung agar kuman TBC langsung mati.

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh
Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh

Karena penyakit TBC merupakan penyakit menahun dengan proses pengobatan panjang itu artinya penyakit ini relatif sulit untuk disembuhkan Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mengapa penyakit TBC sulit sembuh.

Proses pengobatan

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh
Minum Obat Tidak Teratur

Penderita penyakit TBC baik itu TBC paru maupun TBC tulang harus secara rutin mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama bahkan ada waktunya bisa hingga berbulan-bulan.

Jika konsumsi obat terputus di tengah jalan maka itu artinya penderita harus memulai dari awal proses pengobatan. Ini juga yang mengakibatkan kuman tuberkulosis menjadi semakin kuat dan tahan terhadap antibiotik.

Karena secara kontiniu dalam jangka waktu lama minum obat memang bisa membuat penderita menjadi tidak semangat tetapi tetap harus memiliki sugesti dan keyakinan karena memang bahwa penyakit ini bisa sembuh.

Gizi dan nutrisi

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh
Kebutuhan Gizi Nutrisi

Untuk penderita penyakit tuberkulosis mereka semestinya mendapatkan asupan gizi dan juga nutrisi optimal. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan kuman penyebab penyakit TBC, sekaligus untuk menambah berat badan yang biasanya mengalami penurunan drastis selama seseorang terinfeksi kuman TBC.

Tidak hanya gizi dan nutrisi yang harus ditingkatkan tetapi asupan cairan juga harus terjaga karena penderita penyakit TBC memproduksi banyak sekali dahak pada saluran pencernaan khususnya bagian atas. Proses ini membutuhkan banyak sekali cairan tubuh untuk itu minum air putih sangat dianjurkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak terjadi dehidrasi.

Ruang perawatan

Ruang perawatan dalam hal ini tidak hanya di tempat pelayanan medis seperti rumah sakit Puskesmas tetapi juga rumah tempat tinggal. Khusus gambar penderita penyakit TBC sebaiknya mendapat paparan sinar matahari langsung seperti yang kita ketahui di atas tujuannya untuk menurunkan jumlah kuman dan menghindari penyebaran.

Lingkungan dan kamar yang lembab berpotensi menjadi media tumbuh kembang kuman penyebab penyakit TBC meningkat tajam.

Personal hygiene

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh
Personal Hygiene

Penyebab penyakit TBC sulit sembuh lainnya adalah kurang terjaganya kebersihan diri dari penderita penyakit TBC mulai dari kebersihan badan hingga pakaian yang digunakan.

Cara menjaga personal hygiene mampu menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri termasuk memberikan serasa lebih segar ini cukup efektif mengurangi sesak nafas dengan lingkungan yang bersih.

Check up

Tidak hanya wajib minum obat secara rutin tetapi penderita penyakit TBC juga harus rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui status perkembangan kesehatan khususnya penurunan jumlah kuman di dalam tubuh.

Apabila kita tidak pernah melakukan kontrol kesehatan apalagi mengkonsumsi obat putus nyambung ini akan menjadi faktor penyakit tersebut semakin sulit disembuhkan.

Sekadar informasi tambahan penyakit tuberkulosis adalah salah satu penyakit menular dengan metode penularan kepanjangan melalui udara.

Jadi itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa penyakit TBC sulit sembuh.

Mengapa penyakit TBC Sulit Sembuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra