Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 28 Maret 2016

Apa Itu Penyakit Aneurisma?

Apa Itu Penyakit Aneurisma? - Beberapa waktu yang lalu seseorang berdiri tegap di depan kita ketika sedang antre pembelian tiket bioskop untuk pemutaran film yang sudah lama ditunggu-tunggu. Tiba-tiba orang tersebut jatuh tidak sadarkan diri hingga membuat "ular antrean" gaduh dan kebingungan apa yang sedang terjadi?

Beberapa petugas penjaga bioskop langsung membawanya menuju rumah sakit dan setelah melalui beberapa pemeriksaan fisik dan juga foto termasuk laboratorium ternyata di diagnosa mengalami aneurisma.

Apa Itu Penyakit Aneurisma?
Apa Itu Penyakit Aneurisma?

Lalu apa sebenarnya penyakit aneurisma ini?

Pengertian aneurisma secara umum adalah penyakit kelainan pembuluh darah khususnya Arteri yang bertugas mengalirkan darah serta nutrisi dan oksigen yang terkandung di dalamnya ke jaringan otak. Dimana Arteri ini mengalami pelebaran akibat tidak memiliki struktur otot yang kuat hingga akhirnya mudah pecah.

Tidak hanya pada organ otak atau jaringan saraf pusat karena aneurisme bisa juga terjadi pada arteri organ jantung, limpa, usus halus bahkan jaringan tulang.

Sejauh ini penyebab dari penyakit aneurisma tidak diketahui dengan pasti namun kecurigaan tertinggi gangguan kesehatan ini terjadi sejak lahir atau disebut kongenital. Pembentukan pembuluh darah ketika masih janin abnormal, faktor lainnya bisa juga terjadi akibat hipertensi, kolesterol jahat tinggi di dalam darah serta pola hidup kurang sehat contohnya perokok dan alcoholic.

Gejala penyakit aneurisma biasanya tidak menimbulkan tanda-tanda secara spesifik. Gejala yang ditimbulkan yang hampir sama dengan pusing Biasa yaitu nyeri kepala dan terasa denyutan.

Kebanyakan gejala penyakit aneurisma bersifat akut dimana pada contoh insiden di atas kebanyakan penderitanya langsung jatuh pada kondisi kritis di mana terjadi penurunan kesadaran bahkan hingga terjadi kematian mendadak.

Apa Itu Penyakit Aneurisma?
Sakit Kepala

Namun demikian ada beberapa gambaran klinis sebagai tanda dan gejala yang bisa saja muncul pada penyakit aneurisma:
  • Penurunan tajam penglihatan.
  • Muncul terasa nyeri/sakit kepala dan juga area sekitar kening.
  • Penurunan kekuatan kontraksi otot baik ekstremitas tangan dan kaki maupun otot wajah.
  • Tubuh tiba-tiba mengalami kehilangan keseimbangan.
  • Mudah mengantuk dan cepat kehilangan konsentrasi khususnya daya ingat.

Sekilas gejalanya memang mirip dengan penyakit stroke karena memang secara klinis Pembuluh darah yang pecah karena aneurisme biasanya tergolong ke dalam stroke hemoragik.

Karena penyakit ini cukup berisiko lu mengakibatkan kematian jadi sangat penting bagi kita untuk bisa menghindarinya khususnya yang disebabkan karena faktor intrinsik di luar faktor kongenital dengan menghindari faktor penyebab yang telah disebut diatas.

Jadi itulah sekilas informasi terkait apa itu penyakit aneurisma.

Apa Itu Penyakit Aneurisma? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra