Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 29 Januari 2016

Pilih Deposito atau Tabungan Biasa?

Pilih Deposito atau Tabungan Biasa? - Simpanan dalam bentuk uang untuk di jaman saat ini sangatlah penting di mana kebutuhan tak terduga bisa saja terjadi dan membutuhkan dana cepat. Dalam hal ini solusi paling banyak diambil masyarakat biasanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan.

Namun demikian tidak sedikit yang masih bingung apakah menyimpan uang dalam bentuk tabungan biasa atau deposito. Secara umum Kedua jenis simpanan ini tidak jauh berbeda dimana nantinya uang dapat ditarik. Tetapi cara detail keduanya cukup jauh berbeda.

Pilih Deposito atau Tabungan Biasa?
Pilih Deposito atau Tabungan Biasa?

Tabungan biasa

Jenis tabungan ini merupakan produk simpanan baik yang disediakan oleh bank atau koperasi paling banyak diminati oleh masyarakat.

Produk ini cukup fleksibel dimana nantinya nasabah bisa melakukan setor tunai atau menabung baik harian maupun periode tertentu seperti mingguan atau bulanan. Uang juga bisa ditarik kapan saja namun demikian berlaku biaya administrasi ketika melakukan penarikan.

Jenis simpanan tabungan biasa juga menerima bunga tabungan namun jumlahnya tidak terlalu besar. [Baca juga: Cara Membuat Rekening Tabungan Bank BNI]

Simpanan deposito

Deposito adalah jenis simpanan di mana nasabah maupun non nasabah bank ataupun koperasi bisa menyimpan uang dalam jumlah tertentu.

Simpanan deposito diikat kontrak disesuaikan dengan kebijakan pada masing-masing badan keuangan tempat menyimpan uang. Rata-rata jangka waktu deposito biasanya 6 bulan atau 1 tahun dan bisa diperpanjang.

Deposito memiliki bunga simpanan jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa. Namun kekurangannya adalah apabila uang ditarik Sebelum masa kontrak habis bahasa yang digunakan potongan pinalti ada biaya admin.

Besaran biaya penalti yang harus ditanggung dihitung dari jumlah bunga deposito yang telah didapat dipotong berapa persen sesuai kebijakan yang telah disepakati saat melakukan simpanan deposito.

Jadi bagi masyarakat yang ingin memiliki simpanan bisa ditarik kapan saja di saat terdesak jenis simpanan atau tabungan biasa merupakan pilihan tepat.

Tetapi jika memiliki modal tidak produktif sebaiknya pilih jenis simpanan deposito karena bisa memberikan bunga simpanan lebih besar sehingga menjadikannya dana produktif setiap bulannya.

Pilih Deposito atau Tabungan Biasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra