Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 05 Januari 2016

Penyebab Cepat Gemuk di Musim Hujan

Penyebab Cepat Gemuk di Musim Hujan - Musim hujan biasanya identik dengan banjir dan kebanyakan situasi ini terjadi karena perilaku kita sebagai masyarakat masih kurang peduli terhadap lingkungan. Sampah banyak menyangkut di bawah gorong-gorong dan selokan menghambat aliran air.

Biasanya mengikuti setelah banjir akan muncul wabah penyakit demam berdarah. Nyamuk aedes aegypti bisa tumbuh dengan nyaman di genangan air bekas air hujan. Pada kasus seperti ini bisa membuat pemerintah kalangkabut dalam penanganan.

Penyebab Cepat Gemuk di Musim Hujan
Penyebab Cepat Gemuk di Musim Hujan

Selain masalah kesehatan di atas ada beberapa fenomena yang juga bisa terjadi dikala musim hujan tidak terlalu disadari oleh masyarakat yaitu masalah nutrisi.

Terjadi kecenderungan seseorang mengalami peningkatan berat badan lebih besar ketika musim hujan. Lalu kira-kira apa yang menyebabkan terjadinya penambahan berat badan saat musim hujan?

Ketika cuaca sedang mendung kemudian turun hujan maka secara langsung mempengaruhi penurunan suhu lingkungan dan udara menjadi lebih dingin. Situasi seperti ini membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat.

Peningkatan proses metabolisme di dalam tubuh berarti membutuhkan lebih banyak energi atau kalori disinilah kita mulai cepat merasa lapar. Ketika rasa lapar tentu saja hal yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan maupun minuman.

Semakin banyak makanan yang dikonsumsi itu berarti tubuh mendapat asupan kalori makin tinggi. Seperti yang kita ketahui kelebihan kalori dalam tubuh akan disimpan dalam tubuh. Kita ambil contoh sumber kalori karbohidrat apabila mengalami penumpukan disimpan dalam bentuk glukagon di dalam hati, beberapa diantaranya bisa disimpan dalam bentuk lemak dibawah jaringan kulit.

Inilah yang melatarbelakangi penyebab cepat gemuk di musim hujan karena kecenderungan seseorang konsumsi lebih banyak makanan dan minuman khususnya yang memiliki kandungan tinggi kalori.

Untuk mencegah terlalu rakus bahkan di saat musim hujan cobalah menggunakan pakaian yang lebih hangat sehingga tubuh lebih terproteksi dari udara dingin. Atau konsumsi air putih hangat bukan teh manis.

Sekedar informasi tambahan obesitas atau kelebihan berat badan saat ini menjadi masalah cukup serius di masyarakat karena bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti penyakit stroke dan jantung koroner.

Penyebab Cepat Gemuk di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra