Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 14 Desember 2015

Manfaat Imunisasi Hepatitis B

Manfaat Imunisasi Hepatitis B - Secara umum penyakit hepatitis memiliki pengertian adanya peradangan pada organ hati baik karena infeksi oleh virus, bakteri maupun zat kimia yang menjadi toxic.

Hepatitis yang disebabkan oleh virus sejauh ini yang baru diketahui ada 4 tipe yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E.

Manfaat Imunisasi Hepatitis B
Manfaat Imunisasi Hepatitis B

Dari semua jenis virus hepatitis di atas yang paling potensi menyebabkan kerusakan hati paling parah dan bahkan mengakibatkan kematian adalah Hepatitis B.

Virus hepatitis B merupakan tipe virus DNA dimana dia menginfeksi inti dari sebuah sel khususnya sel pada organ hati atau liver.

Untuk menanggulangi terjangkit penyakit karena virus Hepatitis B Banyak pakar kesehatan merekomendasikan pemberian imunisasi atau vaksin untuk penyakit Hepatitis B sejak usia dini.

Vaksin ini memang tidak didapat secara gratis seperti halnya vaksin lain seperti DPT atau singkatan dari imunisasi Difteri, Pertusis dan tetanus di Puskesmas atau rumah sakit pemerintah.

Manfaat dari pemberian imunisasi atau vaksin hepatitis B adalah secara signifikan menurunkan angka insiden infeksi hepatitis. tentu saja ini karena pemberian imunisasi meningkatkan antibodi terhadap antigen Hepatitis B.

Beberapa penelitian juga menunjukkan peningkatan antibodi lebih banyak pada individu yang mendapat imunisasi hepatitis B dibandingkan dengan orang yang mengalami infeksi karena virus.

Cara penularan virus Hepatitis B bisa melalui cairan tubuh dan melalui aliran darah contohnya donor darah yang di dalam terdapat virus Hepatitis B.

Apabila sampai terjadi kerusakan hati oleh virus Hepatitis B tentu sangat berpotensi mengakibatkan kegagalan fungsi dan terjadi pengerasan pada liver atau biasa disebut sirosis hepatis. [Baca juga: Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver]

Beberapa gejala umum penyakit hepatitis kulit nampak kekuningan begitu juga dengan area putih sklera pada mata, penurunan nafsu makan, gangguan eliminasi buang air besar, pada kasus yang parah bisa sampai menyebabkan pembesaran hepar atau hati.

Jadi sangat penting bagi kita sebagai masyarakat untuk memahami bahwa kesehatan adalah hal yang utama dan pencegahan merupakan tindakan dasar salah satunya dengan mengikuti program imunisasi atau pemberian vaksin.

Itulah manfaat imunisasi Hepatitis B sebagai pencegahan infeksi penyakit radang hatihati.

Manfaat Imunisasi Hepatitis B Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra