Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 28 Desember 2015

Cara Mencegah Penyakit Gusi Berdarah

Cara Mencegah Penyakit Gusi Berdarah - Jaringan ikat yang ada di dalam rongga mulut yaitu gusi seringkali tidak mendapatkan perhatian seperti halnya kesehatan gigi. Padahal peranannya juga cukup vital khususnya bagi saluran pencernaan.

Adanya tanda-tanda gejala perubahan fisik dan fungsi pada gusi juga bisa menjadi gambaran bahwa seseorang mengalami masalah kesehatan. Contohnya adalah gusi berdarah merupakan salah satu ciri-ciri kekurangan vitamin C.

Cara Mencegah Penyakit Gusi Berdarah
Cara Mencegah Penyakit Gusi Berdarah

Selain dengan menjaga asupan vitamin C ada beberapa tips untuk menghindari pendarahan pada gusi.

Berikut ini cara mencegah penyakit gusi berdarah secara sederhana.

Rutin gosok gigi

Selama ini yang kita ketahui gosok gigi dua kali sehari tetapi jika gigi dalam keadaan sangat kotor seperti setelah makan coklat pasti banyak sisa makanan menempel di area gigi dan gusi.

Dalam keadaan seperti ini kita juga perlu untuk gosok gigi meskipun artinya aktivitas sikat gigi menjadi lebih dari dua kali dalam sehari.

Sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi menjadi media tumbuhnya bakteri dan kuman lambat laun bisa mengakibatkan infeksi atau peradangan pada gusi termasuk gigi itu sendiri.

Manfaatkan benang gigi

Sikat gigi memang cara efektif untuk membersihkan gigi namun untuk menjangkau area di sela gigi akan lebih baik apabila kita menggunakan benang gigi untuk membersihkannya.

Alat ini membantu menjaga kebersihan gigi lebih optimal khususnya pada sela-sela gigi.

Obat kumur

Setelah sikat gigi dan menggunakan benang gigi memang kebersihan mulut sudah terasa bersih. Namun jika kita juga menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik itu bisa membantu menjaga area mulut terhindar dari bakteri.

Makanan bergizi

Seperti yang kita ketahui di atas gusi membutuhkan cukup asupan vitamin C jadi konsumsilah makanan yang mengandung zat tersebut seperti jeruk, tomat, dan lain-lain.

Tidak ada vitamin C semua saat yang berkaitan dengan puisi seperti protein dan juga dibutuhkan oleh gusi dan juga gigi.

Minum cukup air

Dehidrasi juga bisa mengakibatkan terjadinya penyakit gusi berdarah jadi dengan menjaga kebutuhan cairan tetap terpenuhi merupakan salah satu cara mencegah penyakit ini.

Sudah makan lah mengkonsumsi atau minum air putih bukan air mineral dengan berbagai rasa apalagi minuman berenergi ataupun kopi.

Hindari merokok

Berbagai kandungan zat berbahaya yang ada di dalam rokok dan juga asap rokok sangat berpotensi merusak struktur dari gigi termasuk peradangan pada gusi yang berakhir pada munculnya masalah penyakit gusi berdarah.

Rutin melakukan pemeriksaan gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi termasuk terhindar dari penyakit gusi berdarah cara sederhana untuk melakukan pencegahan adalah rutin melakukan check up ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Ini bertujuan untuk melihat status kesehatan gigi dan mulut termasuk gusi. [Baca juga: Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis]

Jadi itulah beberapa tips cara menghindari penyakit gusi berdarah sederhana yang bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal dibandingkan dengan pengobatan jika sampai mengalami masalah gusi berdarah.

Cara Mencegah Penyakit Gusi Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra