Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 25 November 2015

Waktu Paling Tepat Untuk Cek Tekanan Darah

Waktu Paling Tepat Untuk Cek Tekanan Darah - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini semakin banyak masyarakat menderita penyakit tekanan darah tinggi bahasa medis disebut hipertensi.

Hipertensi adalah gangguan kesehatan dimana terjadi peningkatan tekanan pompa jantung diatas rata-rata yang angkanya bisa mencapai lebih dari 150/110 mmHg.

Dan bahayanya saat ini hipertensi sudah mulai menyerang di usia muda yang sebelumnya memang jarang ditinggalkan oleh penyakit ini.

Waktu Paling Tepat Untuk Cek Tekanan Darah
Waktu Paling Tepat Untuk Cek Tekanan Darah

Untuk menghindari penyakit hipertensi tentu kita harus menerapkan perilaku dan pola hidup sehat dan satu lagi rutin cek kesehatan khususnya tekanan darah.

Ketika cek tekanan darah ada waktu-waktu strategis untuk mengetahui tekanan darah untuk mengetahui lebih cepat apakah kita menderita penyakit hipertensi atau tidak.

Tepat untuk cek tekanan darah adalah di pagi hari saat kita baru bangun tidur.

Mengapa di pagi hari?

Hal ini karena ketika baru bangun tidur tubuh secara umum Termasuk otot pembuluh darah jantung dan tulang belum bekerja untuk aktivitas berat sehingga disana kita bisa melihat daya pompa jantung tanpa beban kerja berat.

Dan jika pada waktu tersebut ditemukan masalah tekanan darah mencapai angka 140/100 mmHg maka kemungkinan tanda-tanda seseorang mengalami penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Namun untuk memastikan hal tersebut memang harus dilakukan pengecekan secara berkala dan rutin setidaknya selama satu minggu.

Jika kekuatan dan daya pompa jantung terus menerus berada di atas batas normal maka banyak masalah kesehatan yang mungkin terjadi salah satunya adalah penyakit stroke.

Penyakit stroke juga berdampak buruk bagi jantung itu sendiri Karena berpotensi mengakibatkan penurunan kinerja jantung dan penyakit pembesaran otot jantung atau kardiomegali.

Untuk penyakit hipertensi berat harus mendapatkan penanganan medis secara intensif yaitu pemberian obat-obatan sesuai dosis.

Disamping itu juga penderita wajib mematuhi peraturan terkait makanan yang harus dihindari seperti mengurangi konsumsi garam, menghindari minum kopi, termasuk mengurangi stress berlebihan. [Baca juga: Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi]

Penyakit hipertensi cukup sulit dideteksi kecuali si penderita melakukan cek tekanan darah. Jadi disinilah Mengapa rutin melakukan cek kesehatan itu sangat penting.

Dengan mengetahui lebih dini adanya gejala-gejala penyakit hipertensi tentu akan semakin mudah ditangani dan mudah disembuhkan.

Jadi jika anda ingin tekanan darah sebaiknya Pilihlah waktu yang tepat yaitu di pagi hari saat bangun tidur.

Waktu Paling Tepat Untuk Cek Tekanan Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra