Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 19 November 2015

Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri

Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri - PT Bank Mandiri Tbk adalah perusahaan perbankan BUMN dengan jumlah omset terbesar di Indonesia di atas Bank BCA dan Bank BRI.

Jaringan kantor cabang Bank BRI juga sudah tersebar luas di berbagai kota di Indonesia termasuk layanan elektronik seperti mesin ATM telah ditempatkan di lokasi strategis.

Untuk saat ini kecenderungan masyarakat lebih memilih transaksi melalui mesin ATM daripada harus mengantri di kantor cabang Bank Mandiri.

Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri
Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri

Apalagi memang fitur yang ada di layanan mesin ATM cukup komplit untuk transaksi finansial maupun non finansial.

Bagi nasabah bank Mandiri untuk bisa menggunakan layanan mesin ATM Mandiri syaratnya tentu saja wajib memiliki kartu ATM Mandiri dan telah teraktivasi.

Proses transaksi dengan memasukkan kartu ke mesin ATM Mandiri diikuti dengan kode keamanan atau PIN ATM. PIN sendiri adalah personal identification number fungsinya untuk menjaga akses ke rekening tabungan Bank dan kartu ATM tersebut.

Dalam beberapa kasus tidak jarang nasabah bank Mandiri lupa dengan nomor PIN kartu ATM sehingga tidak bisa digunakan.

Lalu Bagaimana solusi lupa PIN ATM Bank Mandiri?

Jika PIN yang dimasukkan salah atau lupa cobalah untuk menguranginya hingga batas maksimal tiga kali. Jika sampai pada percobaan terakhir tetap kode PIN salah maka secara otomatis kartu ATM tersebut akan terblokir.

Pada kasus seperti ini solusinya nasabah harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri untuk mendapatkan kartu ATM baru.

Syarat yang harus dilengkapi adalah kartu identitas penduduk yang digunakan pada data rekening tabungan Bank Mandiri, buku tabungan rekening Bank Mandiri, kartu ATM yang telah diblokir, dan uang untuk biaya administrasi pembuatan kartu ATM baru kurang lebih Rp20.000.

Prosesnya nasabah datang ke kantor cabang Bank Mandiri dan mengambil nomor antrian. Setelah nomor antrian dipanggil jelaskan pada pihak customer service bahwa kartu ATM terblokir karena lupa Pin.

Costumer Bank Mandiri akan meminta data terkait nomor rekening tabungan Mandiri pada ATM tersebut serta ATM yang telah terblokir.

Permintaan ganti kartu ATM baru akan diproses dan membutuhkan waktu beberapa menit. Jika pembuatan kartu baru telah selesai anda akan diserahkan kartu ATM Mandiri baru dan harus melakukan aktivasi.

Untuk proses aktivasi kartu ATM bisa meminta bantuan pihak customer service dimana nomor PIN dibuat oleh pihak nasabah. Dan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan sebaiknya segera ganti kode PIN kartu ATM tersebut melalui mesin ATM. [Baca juga: Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri]

Di sini nasabah telah berhasil mengganti kartu ATM serta dengan nomor PIN baru. Untuk mencegah terjadinya kasus serupa yaitu lupa nomor PIN kartu ATM sebaiknya diingat dengan baik.

Dalam proses ini juga kadang bisa muncul beberapa pertanyaan seperti "Dulu membuat rekening tabungan di kantor cabang A apakah bisa ganti kartu ATM baru di kantor cabang B?"

Semasih merupakan kantor cabang Bank Mandiri dan memiliki fasilitas untuk pembuatan kartu ATM maka bisa untuk pembuatan kartu ATM baru walaupun dulu tidak membuka rekening tabungan di sana.

Tips membuat nomor PIN kartu ATM sebaiknya hindari menggunakan tanggal lahir atau menggunakan angka berurutan contoh undangan 123456, jajaran angka yang sama 111111.

Buatlah kode PIN yang sulit ditebak oleh orang lain namun tetap mudah untuk diingat. Jika ingin mencatat dan menyimpan nomor PIN ATM sebaiknya taruh di tempat yang benar-benar rahasia.

Jadi itulah solusi lupa PIN ATM Mandiri dimana nasabah harus mengganti dengan kartu ATM baru di kantor cabang Bank Mandiri. Tidak seperti password atau PIN akun jejaring sosial yang bisa di reset.

Solusi Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra