Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 21 November 2015

Keringat Dingin Bisa Karena Kadar Gula Rendah

Keringat Dingin Bisa Karena Kadar Gula Rendah - Untuk bisa tetap menjalankan aktivitas dengan normal tubuh kita membutuhkan energi yang didapat dari kalori. Kalori bersumber dari makanan yang kita konsumsi termasuk minuman. Beberapa kandungan makanan sebagai sumber kalori adalah karbohidrat, protein dan lemak.

Ketiga sumber kalori tersebut metabolisme di dalam tubuh dipecah menjadi bentuk yang lebih kompleks. Salah satunya adalah karbohidrat diubah menjadi glukosa atau gula.

Keringat Dingin Bisa Karena Kadar Gula Rendah
Keringat Dingin Bisa Karena Kadar Gula Rendah

Tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber kalori yang paling pertama dipecah untuk dijadikan energi.

Kita ambil contoh ketika sedang melakukan aktivitas olahraga sepak bola di mana Ini membutuhkan energi cukup besar karena hampir sebagian besar anggota tubuh bergerak. Jika tubuh kekurangan asupan kalori maka bisa saja pemain sepakbola tidak bisa bermain secara penuh 90 menit karena mengalami kelelahan.

Tidak hanya ketika beraktivitas berat terkadang saat aktivitas ringan seperti menonton TV tiba-tiba tubuh kita berkeringat dan kepala menjadi pusing.

Situasi ini bisa terjadi karena rendahnya kadar gula di dalam darah sehingga menyebabkan penurunan pasokan kalori dan berdampak pada kekurangan energi di dalam sel.

Ketika keluar keringat dingin tubuh mencoba membaca sumber kalori lainnya yaitu protein atau bahkan lemak yang secara lebih sulit dipecahkan dibandingkan dengan karbohidrat dan glukosa.

Ini sebenarnya juga merupakan sebuah peringatan bahwa kita harus segera mengkonsumsi sumber kalori dalam bentuk makanan maupun minuman.

Apabila kita mengabaikan kondisi tubuh kekurangan kadar gula dalam darah yang ditandai dengan keringat dingin dan pusing bahasa secara terus-menerus protein dipecah. [Baca juga: Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah]

Dalam rentang waktu lama tubuh juga akan mengalami kekurangan protein. Padahal protein merupakan elemen paling penting bersama dengan air karena dia menjadi zat pembangun apabila terjadi kerusakan pada sel tubuh.

Jadi yang perlu diperhatikan tidak hanya kadar gula tinggi di dalam darah tetapi juga penurunan secara drastis. Bahkan pada masalah kesehatan penderita penyakit diabetes atau kencing manis juga bisa sampai terjadi penurunan kesadaran hingga koma karena kadar gula di dalam darah mengalami penurunan extreme.

Untuk mencegah keringat dingin karena penurunan kadar gula sebaiknya atur jadwal makan jangan sampai kita kurangan kalori. Biasanya yang paling penting adalah sarapan pagi sebelum memulai aktivitas.

Jadi itulah faktor penyebab munculnya keringat dingin karena kadar gula rendah.

Keringat Dingin Bisa Karena Kadar Gula Rendah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra