Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 17 Oktober 2015

Tips Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri

Tips Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri - Pada situasi tertentu timbulnya rasa nyeri merupakan gejala normal yang sedang terjadi salah satunya adalah sakit atau nyeri ketika menjelang proses persalinan. Namun demikian kebanyakan nyeri terjadi karena adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh atau adanya inflamasi mikroorganisme.

Timbulnya rasa nyeri secara patologis itu berarti telah terjadi masalah baik pada jaringan maupun organ tubuh dalam artian sebagai tanda peringatan.

Tips Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri
Ilustrasi: Tips Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri

Banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri tersebut diantaranya dengan mengkonsumsi obat analgesik atau anti nyeri yang bahkan saat ini sudah dijual bebas di toko-toko obat.

Mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka waktu cukup lama bisa mengakibatkan seseorang menjadi ketergantungan dan bersifat kecanduan. Jadi penting sekali untuk bisa menghindari ketergantungan terhadap obat nyeri.

Berikut ini ada beberapa tips mencegah ketergantungan obat nyeri.

Pilih cara alternatif
Tidak semua jenis diri membutuhkan obat anti nyeri salah satunya adalah nyeri ringan yang sebenarnya bisa diatasi dengan metode distraksi atau relaksasi. Metode ini mampu menurunkan level dari nyeri tersebut. Atau bisa dengan melakukan palpasi di bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri. Ini cukup efektif untuk mencegah ketergantungan terhadap obat nyeri agar tidak sedikit-sedikit sedikit minum obat anti nyeri.

Hindari penggabungan obat
Beberapa orang terkadang menggabungkan 2 jenis obat anti nyeri dengan harapan memberikan hasil lebih cepat dan kuat sehingga nyeri cepat hilang. Padahal tindakan ini apalagi obat yang dicampur tidak sesuai dengan dosis. Jika ini terjadi dalam rentang waktu cukup lama potensi tubuh perubahan respon terhadap obat nyeri dimana selalu membutuhkan dosis tinggi dan akhirnya mengakibatkan ketergantungan. [Baca juga: Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui]

Waspadai efek samping
Dengan memahami apa saja efek samping buruk dari obat anti nyeri khususnya bagi kesehatan tubuh bisa mengurangi frekuensi mengkonsumsi obat anti nyeri. Beberapa diantaranya memiliki efek samping penurunan kinerja saraf secara fisiologis sehingga sangat tidak dianjurkan menjalankan mesin setelah mengkonsumsi obat anti nyeri dan beberapa jenis obat lainnya.

Nyeri memang sangat mengganggu baik secara fisik maupun psikologis seseorang dan konsumsi obat terkadang memang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut namun akan lebih mudah apabila kita mengkonsumsi hanya ketika diperlukan saja dan sesuai dengan dosis.

Itulah beberapa tips mencegah ketergantungan obat anti nyeri.

Tips Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra