Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 08 Oktober 2015

Tanda Gejala Infeksi Saluran Kemih ISK

Tanda Gejala Infeksi Saluran Kemih ISK - Saluran kemih berawal dari pangkal ginjal dimana terdapat saluran yang disebut dengan ureter. Ureter akan menyalurkan urine atau air kencing dari ginjal kakak kandung kemih. Di dalam kandung kemih urine ditampung apabila sudah mencapai batas maksimal Barca dikeluarkan melalui saluran uretra keluar dari tubuh menjadi air kencing.

Seperti halnya dengan organ atau sistem lainnya di dalam tubuh saluran perkemihan juga bisa mengalami infeksi atau peradangan yang biasa disebut dengan infeksi saluran kemih dan biasa disingkat penyakit ISK.

Tanda Gejala Infeksi Saluran Kemih ISK
Tanda Gejala Infeksi Saluran Kemih ISK

Penyakit infeksi saluran kemih biasanya ditangani oleh tumbuhnya bakteri mau pun virus di dalam saluran kemih dimana secara fisiologis seharusnya saluran kemih bersifat steril. Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran kemih seperti diawali oleh penyakit batu kandung kemih atau batu ureter yang menjadi media tumbuhnya bakteri atau virus.

Dan Berikut ini beberapa tanda gejala penyakit infeksi saluran kemih atau ISK.

Nyeri perut bagian bawah
Timbulnya rasa nyeri tepatnya pada bagian perut bagian bawah terjadi karena saluran kemih mengalami vasokontriksi atau penyempitan akut respon dari adanya proses peradangan atau infeksi. Gejala ini hampir mirip dengan gejala dismenore pada kasus datang bulan. Diri tidak akan hilang meskipun diberi obat anti nyeri karena bersifat tumbuhan.

Anyang-anyangan
Proses buang air kecil menjadi terganggu dimana air keluar sedikit dan biasa disebut dengan anyang-anyangan. Situasi ini masih berkaitan erat dengan proses kontraksi dan vasodilatasi terganggu karena adanya infeksi saluran kemih.

Peningkatan suhu tubuh
Salah satu gejala paling umum dari adanya proses infeksi di dalam tubuh adalah munculnya demam ada peningkatan suhu tubuh. Tentu ini juga akan terjadi pada kasus infeksi saluran kemih sebagai tanda dan gejala. Dimana sel antibodi yang ada di dalam tubuh berupaya mengantisipasi pertumbuhan bakteri di dalam saluran kemih.

Air kencing mengandung darah
Pada kasus infeksi berat sampai terjadi adanya luka di saluran kemih maka hal yang mungkin terjadi adalah adanya darah di dalam air urine atau air kencing. Apabila kasus seperti ini sampai terjadi maka sudah tentu membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin agar infeksi tidak meluas.

Peningkatan eritrosit
Pada pemeriksaan laboratorium hasilnya akan menunjukkan peningkatan jumlah sel darah merah ini terkait dengan proses antibodi yang mengalami peningkatan produksi untuk memerangi sel antigen penyebab infeksi.

Proteinuria
Proteinuria adalah situasi dimana terjadi peningkatan kadar protein di dalam urine atau air kencing dan ini biasanya sering terjadi pada kasus penyakit infeksi saluran kemih. Proteinuria hanya bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan laboratorium yaitu cek lab urine. [Baca juga: Penyebab Tidak Bisa Buang Air Kecil]

Jadi itulah beberapa tanda gejala infeksi saluran kemih atau penyakit ISK.

Tanda Gejala Infeksi Saluran Kemih ISK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra