Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 24 Oktober 2015

Kerusakan Hepar Bisa Memicu Diabetes Melitus

Kerusakan Hepar Bisa Memicu Diabetes Melitus - Adalah pabrik kimia terbesar di dalam tubuh ya... itulah organ hepar biasa juga disebut dengan liver atau hati. banyak sekali zat dan enzim yang diproduksi oleh hepar mulai dari bilirubin, cairan empedu, termasuk metabolisme karbohidrat.

Secara anatomi organ hepar di rongga perut bagian atas sebelah kanan tepat diatas ginjal.

Kerusakan Hepar Bisa Memicu Diabetes Melitus
Kerusakan Hepar Bisa Memicu Diabetes Melitus

Dan mungkin selama ini penyakit diabetes melitus atau kencing manis lebih erat kaitanya dengan hormon insulin yang memang secara fisiologis diproduksi oleh kelenjar pankreas. Lalu apa hubungannya organ hepar dengan penyakit tersebut.

Sebenernya glukosa atau gula darah penyebab penyakit diabetes melitus diproses didalam hati atau hepar. Ketika sari-sari makanan diserap baik itu karbohidrat, protein, lemak, juga sumber kalori lainnya diserap oleh usus selanjutnya dia akan disintesis menjadi glukosa oleh organ hati.

Apabila terjadi kelebihan produksi glukosa makalah hati disimpan dengan nama glikogen.

Ketika pada situasi tertentu tubuh mengalami kekurangan energi atau glukosa maka kelenjar pankreas secara otomatis memproduksi hormon glukagon. Di mana hormon tersebut nantinya diterima oleh organ hepar sehingga glikogen bisa dipecah menjadi glukosa.

Nah.. disinilah masalahnya. Pada kasus gangguan fungsi hepar atau hati dimana terjadi resistensi hormon glukagon dari pankreas bisa mengganggu produksi glukosa hasil dari pemecahan glikogen.

Hepar akan memproduksi glukosa dalam jumlah tinggi Padahal dia hanya menerima sedikit hormon glukagon. Inilah yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Hal ini mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesehatan organ hepar atau hati atau liver. Karena tanpa banyak orang sadari kerusakan hepar bisa memicu diabetes melitus. [Baca juga: Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh]

Masalah seperti ini juga bisa mempengaruhi keberhasilan pengobatan pada penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis dimana dia juga mengalami gangguan kesehatan pada organ hepar seperti kasus diatas.

Beberapa faktor penyebab yang bisa merusak kesehatan organ hepar diantaranya konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, penggunaan obat dosis tinggi dalam rentang waktu lama, penggunaan obat-obatan Terlarang, bahan kimia dalam makanan, penggunaan rokok, termasuk penggunaan obat herbal tidak sesuai dengan prosedur dan dosis.

Jadi idola kaitan antara kerusakan hepar yang bisa memicu penyakit diabetes melitus.

Kerusakan Hepar Bisa Memicu Diabetes Melitus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra