Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 01 Oktober 2015

Fungsi Kelenjar Pankreas Pada Diabetes

Fungsi Kelenjar Pankreas Pada Diabetes - Organ pencernaan manusia merupakan organ yang memiliki saluran perpanjang mulai dari rongga mulut hingga ke bagian rektum atau anus. Dan di dalam organ pencernaan banyak organ-organ lainnya yang turut campur sehingga proses pencernaan makanan dan minuman bisa berlangsung secara optimal.

Salah satu organ berkaitan erat dengan saluran pencernaan adalah organ hati atau biasa disebut dengan hepar bisa juga disebut liver. Hati merupakan pabrik kimia terbesar di dalam tubuh karena dia memproduksi banyak sekali zat dan enzim.

Fungsi Kelenjar Pankreas Pada Diabetes
Fungsi Kelenjar Pankreas Pada Diabetes

Selain organ hati ada juga bagian penting dari saluran pencernaan yaitu kelenjar pankreas. Secara anatomi kelenjar pankreas terletak tepat di bawah lambung sedikit ke belakang. Digambarkan berwarna agak kekuningan dengan bentuk memanjang seperti keris.

Ujung pada kelenjar pankreas bermuara di bagian atas usus halus atau biasa disebut usus 12 jari dalam bahasa medis disebut duodenum. Dan sekarang kita ulas singkat fungsi dari kelenjar pankreas khususnya yang berkaitan dengan penyakit diabetes melitus.

Tentu kita semua sudah memahami betul apa itu penyakit diabetes melitus yang dalam bahasa Indonesia disebut penyakit kencing manis atau kencing gula. Penyakit DM atau diabetes melitus terjadi karena penimbunan kadar gula dalam darah.

Penyebab dari penimbunan gula tersebut adalah tidak efektifnya produksi insulin yang seharusnya menghantarkan gula tersebut masuk ke dalam sel untuk dijadikan energi.

Dan tidak banyak orang mengetahui bahwa hormon insulin dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Inilah salah satu fungsi utama dari kelenjar pankreas yaitu memproduksi insulin tepatnya pada sel pankreas di pulau langerhans.

Insulin yang telah diproduksi segera diinjeksikan ke bagian atas usus halus pada usus 12 jari dimana disana telah menunggu karbohidrat bersumber dari makanan yang telah kita konsumsi. Karbohidrat tersebut nantinya akan diserap bersamaan dengan insulin di dalam usus halus kemudian masuk ke dalam aliran darah menuju organ hati.

Di dalam organ hati karbohidrat akan diubah menjadi glukosa dan di sanalah insulin meningkat glukosa dan menyebarkannya ke seluruh tubuh di setiap sel. Bersamaan dengan protein dan lemak glukosa tersebut di konvensi menjadi energi sehingga manusia bisa beraktivitas dan menjalankan kehidupan.

Nah... apabila kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara optimal tentu saja karbohidrat yang nantinya menjadi glukosa atau gula di dalam darah tidak memiliki pengikat atau alat transportasi untuk bisa masuk ke dalam sel. Inilah yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan tingginya kadar gula dalam darah dan mengakibatkan penyakit diabetes melitus.

Pada kasus diabetes melitus tipe 1 terganggunya kemampuan kelenjar pankreas memproduksi insulin terjadi karena bagian sel pulau langerhans mengalami masalah sejak lahir atau genital. Ini yang mendasari mengapa diabetes melitus tipe 1 lebih sulit untuk disembuhkan.

Selain memproduksi insulin fungsi kelenjar pankreas juga memproduksi enzim endokrin dimana memiliki peranan dalam proses metabolisme tubuh dan membantu proses penyerapan makanan di dalam saluran pencernaan bekerjasama dengan hormon yang diproduksi oleh sel lambung.

Perlu diwaspadai juga kelenjar pankreas bisa mengalami gangguan pertumbuhan sel atau yang biasa disebut dengan kanker. Meskipun angka kejadian kanker pankreas tidak sebesar kanker pada organ lainnya namun tetap saja harus mendapatkan perhatian serius. [Baca juga: Penyebab Penderita Diabetes Bisa Lemas dan Pingsan Mendadak]

Jadi itulah fungsi kelenjar pankreas pada kasus diabetes melitus.

Fungsi Kelenjar Pankreas Pada Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra