Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 26 Oktober 2015

Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone

Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone - Banyak anak-anak muda akhir-akhir ini sering merasa galau karena paket internet yang ada di handphonenya menipis atau bahkan habis sama sekali.

Ya inilah fenomena yang kini sering kita jumpai setelah beralihnya penggunaan feature phone ke smartphone yang memang secara fungsional memiliki kemampuan jauh lebih baik dan lebih komplit khususnya dalam hal memungkinkan akses internet.

Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone
Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone

Selain Masalah paket kuota internet ada suatu situasi yang juga sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone yaitu baterai handphone cepat sekali mengalami pengurasan atau cepat habis.

Sebenarnya keadaan ini cukup wajar karena smartphone bisa menjalankan berbagai perintah dari penggunanya.

Namun demikian sebenarnya kita bisa melakukan beberapa hal sederhana untuk menghemat penggunaan baterai pada smartphone.

Cara sederhana tersebut adalah mengurangi install dan penggunaan aplikasi.

Wah... kalau begitu batu menjadi tidak seru dong... sama kayak feature phone?

Seperti yang kita ketahui aplikasi yang terinstal pada smartphone baik itu Android maupun iOS termasuk Windows Phone juga BlackBerry menggunakan memori internal dan juga memory RAM sesuai ukuran dengan aplikasi tersebut dan tentu saja semua itu membutuhkan konsumsi energi dari baterai.

Padahal semestinya kita bisa kita bisa lebih selektif dalam memilih aplikasi mana saja yang benar-benar diperlukan dan mana saja yang semestinya diinstal.

Kita pakai contoh aplikasi jejaring sosial Facebook dan Twitter. Sebenarnya boleh boleh dibilang kedua aplikasi ini tidak perlu diinstall juga bisa diakses melalui web browser bawaan dari smartphone. Kita cukup mengetik di address bar alamat facebook.com atau twitter.com.

Ini tentu akan jauh lebih menghemat penggunaan memory dan juga baterai smartphone. Namun bimbang ada beberapa kelemahan membuka jejaring sosial melalui web browser yaitu kita tidak bisa mendapatkan update notifikasi secara realtime. Namun terkadang notifikasi real time juga sedikit mengganggu karena handphone selalu berbunyi.

Itu contoh hanya 2 aplikasi belum lagi aplikasi lainnya yang sebenarnya bisa diakses hanya melalui web browser.

Dan satu lagi kesalahan pengguna smartphone yang ingin menghemat penggunaan baterai adalah menginstal aplikasi penghemat baterai padahal aplikasi tersebut kurang efektif malah salah-salah bisa membuat baterai bertambah boros. [Baca juga: Cara Cek Baterai Drop Atau Tidak Pada Android]

Kita juga bisa mengurangi tingkat kecerahan cahaya layar smartphone karena ini mengkonsumsi daya baterai cukup tinggi apalagi saat digunakan untuk bermain game dimana layar terus menyala selama game dimainkan.

Itu adalah beberapa cara sederhana menghemat baterai smartphone sehingga bisa mengurangi frekuensi isi ulang baterai atau changer.

Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra