Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 15 Oktober 2015

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Renang

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Renang - Semakin berkembangnya variasi dari lensa kontak cukup mempengaruhi peningkatan penggunaan produk tersebut. Disamping karena kecenderungan seseorang lebih memilih memakai lensa kontak ketimbang menggunakan kacamata. Memang pemakaian lensa kontak jauh lebih praktis apalagi tersedia banyak pilihan stylist dengan berbagai warna yang bisa memberi corak tersendiri di bagian kornea mata.

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Renang
Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Renang

Karena bentuknya kecil sehingga acapkali membuat penggunanya lupa bahwa dia sedang memakai lensa kontak. Ini menjadi faktor penyebab terbanyak mengapa sebelum berenang penggunaan lensa kontak tidak melepasnya atau mungkin karena malas menaruhnya di tempat seharusnya.

Padahal perilaku seperti itu kurang baik bagi kesehatan mata.

Sebenarnya meskipun bersifat seperti selaput namun lensa kontak juga memiliki pori-pori yang berfungsi sebagai aspirasi oksigen dan cairan agar bisa keluar masuk ke area sisi luar bagian kornea. Namun saat aktivitas renang air yang banyak mengandung klorin dan berbagai elemen didalamnya bisa masuk ke area mata melalui pori-pori tersebut dan mengendap di sana.

Jika ini terjadi maka potensi yang bisa ditimbulkan adalah berkembangbiaknya bakteri diantara sisi luar kornea dengan lensa kontak.

Jadi inilah salah satu faktor utama mengapa sebaiknya lensa kontak dilepas sebelum melakukan aktivitas berenang baik itu di kolam renang maupun tempat lainnya.

Meskipun air yang ada di kolam renang telah diberikan cairan anti bakteri namun tidak menutup kemungkinan adanya mikroorganisme yang berpotensi masuk ke dalam pori-pori lensa kontak.

Namun jika merasa penglihatan kurang jelas tanpa menggunakan lensa kontak saat renang gunakanlah peralatan tambahan yaitu kacamata renang dan memilih lensa kontak jenis sekali pakai.

Apabila mata mengalami iritasi atau infeksi karena bakteri atau kandungan yang terdapat di dalam air kolam renang gejala yang bisa ditimbulkan diantaranya muncul kemerahan pada mata disertai rasa nyeri termasuk fotofobia atau mudah merasa silau. [Baca juga: Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak]

Itulah bahaya menggunakan lensa kontak saat Luna karena berpotensi mengganggu kesehatan mata itu sendiri.

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Saat Renang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra