Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 12 Oktober 2015

7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi

7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi - Penyakit tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis disebut dengan hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menjadi landasan timbulnya gangguan kesehatan lainnya sebut saja penyakit stroke dan penyakit jantung.

Salah satu gejala penyakit hipertensi adalah naiknya tekanan sistolik dan tekanan diastole yang angkanya bisa mencapai lebih dari 170/140 mmHg.

7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi
7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi

Jika situasi hipertensi terjadi dalam rentang waktu lama di sanalah masalah kesehatan pada organ lainnya akan mulai muncul. Penyakit hipertensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor jadi sangat mungkin untuk dicegah dan ditangani.

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan secara perlahan baik dengan memperbaiki pola hidup menu makanan termasuk bantuan obat-obatan.

Di bawah ini adalah 7 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi.

Kurangi konsumsi garam
Pada penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi umumnya terjadi peningkatan volume cairan atau darah di dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan beban kerja jantung. Apabila makanan yang kita konsumsi mengandung tinggi garam maka secara kimiawi garam tersebut akan menarik lebih banyak air ke dalam pembuluh darah sehingga semakin memperparah penyakit hipertensi itu sendiri.

Jadi dengan mengurangi konsumsi garam kita bisa mencegah dan menurunkan tekanan darah secara berangsur-angsur dan mencegah terjadinya kekambuhan.

Buah-buahan
Di dalam buah-buahan khususnya buah segar terkadang banyak sekali vitamin termasuk mineral salah satunya adalah kalium. Secara ilmiah kalsium sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil.

Kalium juga membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Ini juga yang kadang menjadi faktor mengapa seseorang yang mengalami kekurangan cairan khususnya kalium mudah sekali menderita penyakit hipertensi.

Konsumsi gandum
Beberapa penelitian menunjukkan dengan rutin setiap hari mengkonsumsi gandum atau oat bisa membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Susu rendah lemak
Memang sebagian besar Produk susu memiliki kandungan lemak namun ada beberapa jenis susu yang memiliki sedikit kandungan lemak contohnya adalah susu kedelai. Susu ini bisa menjadi solusi bagi penderita penyakit hipertensi yang ingin minum susu.

Bawang putih
Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh adalah mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah. Apabila darah terlalu cepat mengalami pembekuan maka risiko yang mungkin terjadi adalah penyakit hipertensi dan penyakit stroke. Konsumsi bawang putih yang ditambahkan kedalam makanan sebagai bumbu masakan bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Konsumsi tomat
Buah tomat mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin C, vitamin E, magnesium, termasuk kalsium. Secara ilmiah buah tomat mampu menurunkan hipertensi. Namun perlu diperhatikan khususnya bagi penderita penyakit maag atau gastritis agar membatasi konsumsi tomat karena bisa memperparah gangguan kesehatan pada pencernaan.

Sayur-sayuran
Selain baik untuk kesehatan saluran pencernaan rutin mengkonsumsi sayuran juga memiliki manfaat bisa membantu menurunkan hipertensi karena di dalam sayuran banyak tergantung sama kalium. Disamping itu sayuran juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan mata khususnya area retina. [Baca juga: Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi]

Jadi itulah 7 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7 Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra