Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 19 Oktober 2015

5 Makanan dan Minuman Pengganggu Tidur

5 Makanan dan Minuman Pengganggu Tidur - Ada banyak faktor pencetus mengapa seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tertidur lelap. Mulai dari kondisi fisik yang terlalu lelah bekerja seharian atau tekanan psikis dimana pekerjaan kantor yang menumpuk sehingga harus dibawa pulang. Dan banyak lagi faktor lainnya seperti lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif.

5 Makanan Pengganggu Tidur
5 Makanan Pengganggu Tidur

Namun tidak banyak disadari ternyata makanan yang kita konsumsi sehari hari juga bisa menjadi faktor predisposisi terganggunya istirahat tidur membuatnya menjadi kurang berkualitas sehingga berpotensi mengganggu kesehatan.

Berikut ini 5 jenis makanan dan minuman yang bisa mengganggu tidur.

Minum kopi
Di dalam buah kopi terkandung sangat banyak saat kafein. Di dalam tubuh kafein bekerja dengan meningkatkan kinerja dari sel saraf termasuk otot tidak terkecuali otot jantung. Ketika seharusnya di saat tertidur seluruh tubuh menjadi lebih rileks malah beraktivitas lebih berat karena efek dari kafein tentu saja ini akan mengganggu istirahat tidur bahkan tubuh menjadi sulit masuk ke fase tidur.

Ini juga yang menyebabkan mengapa seseorang yang ingin begadang selalu mengkonsumsi kopi agar bisa terjaga lebih lama. [Baca juga: Mengapa Minum Kopi Bisa Merusak Lambung]

Minuman beralkohol
Alkohol secara ilmiah memang mampu membuat penurunan kinerja dari otak membuatnya lebih rileks. Namun konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tinggi malah akan mengganggu tidur. khususnya fase tidur REM akan menjadi lebih singkat tentu saja situasi ini berdampak pada terganggunya proses recovery tubuh secara keseluruhan.

Makanan pedas
Makanan dengan cita rasa pedas juga bisa menjadi penyebab terganggunya pola istirahat tidur karena berpotensi meningkatkan produksi asam lambung dan berujung pada rasa kembung di dalam lambung. Keadaan ini akan sangat mengganggu dan kesulitan untuk bisa tidur pulas.

Makanan atau minuman fermentasi
Kandungan tyramine dalam makanan yang diproses dengan cara fermentasi cukup tinggi. Dan secara ilmiah tersebut mampu meningkatkan kinerja otak padahal ketika kita memasuki fase tidur gelombang otak berada pada frekuensi rendah.

Terlalu banyak minum
Jika tubuh mengalami kelebihan asupan cairan Khususnya ketika tidur maka organ ginjal akan tetap bekerja untuk melakukan filtrasi dan efeknya adalah meningkatnya produksi urine atau air kencing. Keadaan ini akan membuat seseorang terbangun ketika sedang tidur ingin buang air kecil.

Sekadar informasi tambahan tidur yang berkualitas itu adalah tidur yang tidak disukai oleh mimpi tidak peduli itu mimpi buruk maupun mimpi indah. Karena ketika mimpi terjadi gelombang frekuensi otak cenderung mengalami kenaikan.

Itulah 5 makanan dan minuman pengganggu tidur yang sebaiknya dihindari dikonsumsi menjelang waktu tidur.

5 Makanan dan Minuman Pengganggu Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra