Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 11 September 2015

Penyebab Sering Buang Gas atau Kentut

Penyebab Sering Buang Gas atau Kentut - Meskipun aktivitas buang gas khususnya di tempat umum masih menjadi hal yang kurang sopan namun jika menelisik lebih jauh khususnya dari segi kesehatan gas yang dihasilkan dari perut kemudian keluar maaf yang biasa disebut kentut bisa dijadikan indikator kondisi kesehatan saluran pencernaan seseorang.

Dari frekuensi dan aroma gas yang keluar ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil salah satu yang umum terjadi adalah sering buang gas dari saluran pencernaan.

Penyebab Sering Buang Gas atau Kentut
Penyebab Sering Buang Gas atau Kentut

Selalu muncul pertanyaan apa sebenarnya penyebab perut kita terlalu sering membuang gas melalui saluran pencernaan bagian bawah.

Berikut ini beberapa faktor penyebab sering buang gas atau maaf kentut.

Bakteri saluran pencernaan
Tidak adanya enzim maupun saat nutrisi dari makanan maupun minuman yang ada di dalam saluran pencernaan tetapi juga berbagai bakteri patogen dan apatogen artinya bakteri jahat maupun bakteri baik.

Apabila populasi bakteri di dalam saluran pencernaan tempatnya bagian usus halus dan usus besar cukup tinggi maka proses pembusukan sisa-sisa makanan berlangsung lebih cepat. Dari sanalah saluran pencernaan akan menghasilkan lebih banyak gas yang nantinya akan keluar melalui saluran pencernaan bagian bawah atau anus alias rektum.

Selain bisa menyebabkan terlalu sering buang gas situasi ini juga berpotensi mengakibatkan perut kembung dan mudah bersendawa. Tentu saja penyebabnya karena terlalu banyak gas di dalam saluran pencernaan.

Faktor genetik
Meskipun tidak banyak orang mengalami gangguan kesehatan yang satu ini namun ada beberapa kasus dimana tubuh seseorang sangat sensitif terhadap produksi gas di dalam saluran pencernaan.

Sedikit saja pada makanan yang telah diserap oleh usus halus yang kemudian diteruskan ke usus besar makalah potensi terjadinya gas cukup tinggi meskipun jumlah bakteri yang ada disana tidak terlalu banyak.

Konstipasi
Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan Penyakit sembelit juga bisa menjadi penyebab terlalu sering buang gas dari saluran pencernaan.

Hal ini terjadi karena konstipasi menghambat kotoran atau sisa makanan yang seharusnya keluar dari saluran pencernaan menjadi menumpuk dan dampaknya tentu saja produksi gas di dalam usus meningkat. Untuk kasus yang satu ini membutuhkan perhatian lebih dan sebaiknya segera dibawa tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan sejarah medis.

Perubahan fisiologis
Perubahan fisiologis pada tubuh bisa berdampak pada penurunan kinerja dari saluran pencernaan dimana peristaltic usus menjadi jauh menurun mengakibatkan sampah-sampah sisa makanan tidak mampu dibuang keluar secara optimal.

Ini bisa menjadi salah satu penyebab sering buang gas melalui saluran pencernaan.

Makanan dan minuman
Beberapa jenis makanan yang biasa dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab buang gas berlebihan salah satunya adalah jagung. Ketika saluran pencernaan melakukan proses absorbsi pada jagung sisanya akan menghasilkan banyak sekali gas di dalam usus.

Selain makanan jenis minuman bersoda biasanya juga menghasilkan lebih banyak gas di dalam perut.

Pola makan
Perilaku dengan pola makan terburu-buru juga bisa menjadi penyebab di dalam saluran pencernaan terakumulasi karena peningkatan volume makanan secara drastis di saluran pencernaan. [Baca juga: 4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan]

Jadi itulah beberapa faktor penyebab sering buang gas dari saluran pencernaan.

Penyebab Sering Buang Gas atau Kentut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra