Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 24 September 2015

Penjelasan Buang Air Besar Setelah Makan

Penjelasan Buang Air Besar Setelah Makan - Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan energi untuk bisa menjalankan aktivitas metabolisme sehingga kehidupan bisa tetap berlangsung. Energi atau kalori sebagian besar bersumber dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Besar kecilnya energi atau kalori pada masing-masing makanan dan minuman berbeda-beda dan bisa juga dipengaruhi oleh proses pencernaan makanan tersebut di dalam saluran pencernaan.

Penjelasan Buang Air Besar Setelah Makan
Penjelasan Buang Air Besar Setelah Makan

Terkait dengan sistem kerja saluran pencernaan beberapa waktu yang lalu saya menemukan pertanyaan " setelah beberapa menit kita makan kemudian langsung buang air besar apakah makanan tadi akan keluar bersama dengan kotoran?"

Sebelumnya perlu kita ketahui bagian-bagian dari sistem saluran pencernaan mulai dari rongga mulut tenggorokan oesofagus atau kerongkongan lambung usus halus usus besar dan terakhir adalah rektum atau anus.

Jadi sebelum makanan yang kita konsumsi dibuang keluar dari tubuh melalui anus harus melalui beberapa proses penyerapan nutrisi.

Mulai dari makanan dan minuman saat masuk ke rongga mulut dan dikunyah oleh gigi membutuhkan waktu Kurang lebih 12 jam sehingga dia menjadi "sampah" di mana semua gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya telah diserap oleh usus halus dan kemudian dibuang keluar dalam bentuk feses.

Jadi kesimpulannya makanan yang baru beberapa menit kita konsumsi tidak akan langsung begitu saja apabila setelahnya kita melakukan aktivitas buang air besar.

Tetapi itu dalam keadaan fisiologis atau tubuh bekerja dengan keadaan normal dan akan berbeda ceritanya jika sedang terjadi gangguan kesehatan pada saluran pencernaan. contohnya pada penyakit diare.

Pada kasus penyakit diare terjadi peningkatan peristaltik usus artinya pergerakan usus halus dan usus besar meningkat tajam baik dalam sistem kerja mekanik maupun absorpsi dan reabsorpsi cairan. Situasi ini bisa menyebabkan makanan dan minuman yang baru saja kita konsumsi bisa langsung keluar dengan intensitas lebih cair.

Penyakit diare berpeluang mengakibatkan dehidrasi sehingga membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin.

Sekadar informasi tambahan penyerapan nutrisi pada makanan dan minuman paling banyak terjadi di usus halus, secara anatomi letaknya berada dibawah organ lambung.

Sedangkan di usus besar terjadi penyerapan kembali cairan sehingga kotoran atau feses tidak menjadi terlalu cair atau terlalu kental. [Baca juga: Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit]

Jadi itulah penjelasan sederhana buang air besar setelah makan tidak akan membuat makanan yang baru saja dikonsumsi dalam keadaan fisiologis.

Penjelasan Buang Air Besar Setelah Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra