Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 29 September 2015

Kartu ATM Hilang Apa Mungkin Dibobol

Kartu ATM Hilang Apa Mungkin Dibobol - Saat ini hampir semua perusahaan perbankan telah menyediakan layanan Anjungan Tunai Mandiri atau yang biasa disingkat sebagai ATM.

Layanan ini memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan seperti cek saldo rekening bahkan melakukan transfer saldo tanpa perlu repot-repot datang ke kantor cabang Bank bersangkutan.

Kartu ATM Hilang Apa Mungkin Dibobol
Kartu ATM Hilang Apa Mungkin Dibobol

Karena kepraktisannya tersebut pihak pemegang kartu debit ATM juga diimbau untuk berhati-hati ketika menggunakan dan menaruh kartu ATM tersebut.

Dan tidak sedikit yang bertanya-tanya "Jika kartu ATM kita hilang apakah mungkin uang yang ada di dalamnya diambil atau dibobol?"

Seperti yang kita ketahui masing-masing kartu ATM yang diterbitkan oleh pihak bank dilindungi oleh personal identification number atau yang dikenal dengan istilah nomor PIN.

Apabila suatu ketika kita kehilangan kartu ATM misalkan saja jatuh di jalan bersamaan dengan dompet atau pada kasus lain dicuri oleh orang lain maka dia tidak akan bisa mengambil uang di mesin ATM jika tidak memiliki kode PIN pada kartu ATM tersebut.

Tetapi akan sangat berbahaya apabila kartu ATM tersebut berada di tangan orang yang telah mengetahui nomor PIN, nisalnya saja dicuri oleh orang terdekat atau teman. Tentu saja orang tersebut bisa dengan mudah menguras uang atau isi saldo di dalam rekening tabungan pada kartu ATM.

Jadi sebagai informasi tambahan untuk menghindari kehilangan kartu ATM sebaiknya simpan di tempat yang tidak mudah ditemukan orang lain dan yang paling penting adalah menjaga kerahasiaan kode atau nomor PIN ATM tersebut.

Tips membuat nomor PIN pada kartu ATM sebaiknya jangan menggunakan tanggal lahir karena berpotensi bisa ditebak dengan mudah. Pilihlah kombinasi angka yang tidak berhubungan dengan tanggal kelahiran anda, angka yang mudah anda ingat tetapi sulit ditebak oleh orang lain.

Sebagai sarana apabila anda mengalami kehilangan kartu ATM sebaiknya langsung melaporkan ke layanan customer service bank penerbit kartu ATM tersebut untuk dilakukan pemblokiran sementara menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. [Baca juga: Cara Daftar Internet Banking BRI]

Jadi kesimpulannya apabila kita kehilangan kartu ATM uangnya tidak akan bisa dibobol apabila si pemegang tidak memiliki kode atau nomor PIN sesuai dengan kartu ATM tersebut.

Kartu ATM Hilang Apa Mungkin Dibobol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra