Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 07 September 2015

Bahaya Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan

Bahaya Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan - Memperindah penampilan tentu saja yang menjadi tuntutan di masa kini tidak terkecuali bagi kaum pria maupun wanita. Apabila biasanya kaum pria lebih mengutamakan pakaian baik baju maupun bawahan sedikit berbeda pada kaum wanita yang lebih menonjolkan tata rias dan penggunaan tas jinjing dan juga sepatu. Untuk menghadiri acara pesta tentu kebanyakan wanita akan memilih menggunakan sepatu hak tinggi.

Namun demikian perlu diperhatikan penggunaan sepatu hak tinggi tidak hanya bisa memberikan rasa percaya diri lebih dengan penampilan yang lebih feminim tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan
Bahaya Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan apabila penggunaan sepatu hak tinggi dalam frekuensi cukup sering atau bahkan sering.

Masalah kesehatan pertama yang bisa ditimbulkan adalah potensi terjadinya perubahan bentuk pinggul dan nyeri pinggang.

Sepatu dengan hak tinggi akan mendorong lebih ke atas dan secara langsung itu akan berdampak pada tulang panggul terangkat keatas. Tanpa disadari pinggul dan juga tulang panggul pada wanita sangatlah vital peranannya khususnya dalam proses persalinan.

Jika terjadi bentuk abnormal pada tulang panggul tentu saja akan menghambat proses persalinan dimana bayi tidak mampu keluar dengan baik.

Masalah kesehatan lainnya yang bisa ditimbulkan karena terlalu sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi adalah resiko terjadinya pengeroposan tulang dini.

Pengeroposan tulang atau yang akrab disebut penyakit osteoporosis secara genetik memang lebih banyak terjadi pada kelamin wanita. Namun resiko tersebut akan semakin bertambah apabila dibarengi dengan gaya hidup penggunaan sepatu dengan hak tinggi.

Saat menggunakan sepatu hak tinggi ada perubahan posisi adalah ligamen dan juga sendi persambungan tulang. Ketika kaki melakukan mobilisasi atau pergerakan potensi yang bisa ditimbulkan pada situasi seperti tersebut adalah beban kerja sendi meningkat sehingga mengkonsumsi lebih banyak energi termasuk kalsium dan juga fosfor.

Inilah yang mengakibatkan resiko terjadinya penyakit osteoporosis, ditambah lagi tidak diimbangi dengan konsumsi kalsium dan fosfor termasuk vitamin D.

Jadi sebisa mungkin hindari menggunakan sepatu maupun sandal dengan hak tinggi karena nantinya itu akan mempengaruhi beban kerja dari otot termasuk tulang persendian dan juga perubahan bentuk dari tulang panggul atau pinggul.

Untuk mencegah penyakit osteoporosis sendiri sebaiknya rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi yang bisa membantu pertumbuhan tulang termasuk regenarasi tuna seperti yang tersebut di atas tadi. [Baca juga: Bahaya Patah Tulang Jika Tidak Dioperasi]

Jadi itulah bahaya sepatu hak tinggi bagi kesehatan tubuh khususnya yang sering digunakan oleh kaum wanita.

Bahaya Sepatu Hak Tinggi Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra