Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 28 September 2015

Bahaya Mandi Terlalu Malam Terhadap Kesehatan

Bahaya Mandi Terlalu Malam Terhadap Kesehatan - Menjaga kebersihan diri tentu saja wajib hukumnya bagi setiap orang. Karena jika personal hygiene tidak terjaga dengan baik maka besar potensi seseorang akan mengalami resiko terserang penyakit sehingga menurunkan derajat kesehatan.

Cara paling sederhana dan yang biasa dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan badan adalah mandi.

Bahaya Mandi Terlalu Malam Terhadap Kesehatan
Bahaya Mandi Terlalu Malam Terhadap Kesehatan

Bagi orang Indonesia khususnya mandi biasanya dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Namun tidak jarang dari kita yang melakukan aktivitas mandi di malam hari. Lalu kemudian muncul pertanyaan bagaimana dampak mandi di malam hari bagi kesehatan tubuh?

Padatnya aktivitas dalam sehari memang menjadi alasan mengapa terkadang mandi harus dilakukan hingga larut malam. Sebenarnya tanpa disadari ada beberapa efek buruk atau bahaya mandi terlalu malam terhadap kesehatan tubuh khususnya yang menggunakan air dingin.

Masalah persendian
Di malam hari suhu udara yang relatif lebih rendah ditambah dengan suhu air dingin ketika membasuh tubuh akan berdampak buruk pada persendian. Proses sirkulasi darah dan nutrisi pada persendian menjadi terganggu apalagi sebelumnya memiliki riwayat penyakit radang sendi seperti penyakit rematik.

Nanti malam akan memperparah penyakit tersebut padahal seharusnya kondisi persendian yang telah mengalami rematik harus mendapatkan lingkungan atau suhu hangat.

Hipotermi
Hipotermia artinya suhu tubuh dibawah normal yang biasanya rata-rata 27 derajat Celcius pada orang dewasa. Mandi malam bisa mengakibatkan seseorang mengalami hipotermi dan menggigil. Keadaan ini akan mengkonsumsi lebih banyak kalori ditambah lagi kondisi tubuh yang sedang capek inilah yang nantinya beresiko menyebabkan seseorang menjadi sakit.

Itulah 2 masalah umum yang biasa terjadi apabila terlalu sering mandi malam menggunakan air dingin.

Tetapi karena mandi bertujuan menjaga kebersihan badan dan wajib dilakukan apabila kondisi tubuh kotor usahakan menggunakan air hangat saat mandi di malam hari, dan setelah mandi usahakan menggunakan handuk tebal sebagai penutup tubuh karena kecenderungan menggunakan air hangat akan membuka pori-pori kulit.

Sebagai informasi tambahan apabila kita tidak menjaga kebersihan tubuh secara maksimal ada berbagai jenis penyakit yang bisa mengakhiri seperti infeksi jamur.

Jamur bisa tumbuh di bagian tubuh yang lembab seperti ketiak dan pangkal paha termasuk bagian kepala. Jamur yang tumbuh di kulit kepala mengakibatkan rasa gatal dan bahkan bisa menjadikan rambut cepat rontok sehingga mudah botak. [Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Yang Membandel]

Jika situasi seperti ini sampai terjadi tentu membutuhkan penanganan medis yaitu pemberian obat-obatan agar jamur tidak bisa tumbuh kembali. Untuk itu jagalah personal hygiene atau kebersihan diri setiap hari dengan menerapkan perilaku dan pola hidup sehat.

Bahaya Mandi Terlalu Malam Terhadap Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra