Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 15 April 2015

Penyebab Penyakit Kusta Atau Lepra

Penyebab Penyakit Kusta Atau Lepra - Ini adalah salah satu penyakit paling ditakuti pada abad pertengahan. Seseorang yang mengalami penyakit kusta seringkali dikatakan sebagai penyakit setan lalu akan diasingkan tanpa mendapatkan perhatian sebagaimana mestinya. Namun seiring perkembangan jaman dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit ini menjadikan jumlah penderitanya menurun drastis. Begitu juga dari aspek sosial penderita kusta mulai diberlakukan lebih baik.

Penyebab Penyakit Kusta Atau Lepra
Penyebab Penyakit Kusta Atau Lepra

Secara etiologi penyakit kusta disebabkan oleh bakteri microbacterium leprae. Jenis bakteri ini melakukan infeksi dan menginvasin jaringan saraf juga otot termasuk mukosa di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja jaringan tulang juga saluran pernapasan bagian atas juga sangat rentan mengalami infeksi oleh microbacterium leprae ini juga yang mengakibatkan penderita penyakit lepra atau kusta kesulitan bernapas atau sesak napas.

Microbacterium leprae sebagai penyebab penyakit lepra atau kusta biasanya hidup di lingkungan dengan suhu rendah dan ini merupakan jenis bakteri yang tahan asam.

Yang perlu diperhatikan bahwa bawa tidak semua orang dengan mudah bisa terinfeksi bakteri penyebab lepra ini karena banyak faktor yang berpengaruh di dalamnya salah satunya adalah daya tahan tubuh seseorang. Apabila seorang individu memiliki daya tahan tubuh optimal tentu infeksi microbacterium leprae lebih sulit apalagi telah memiliki imunitas yang didapat dari imunisasi.

Infeksi pada kusta secara sistematis merusak kinerja dan anatomi dari jaringan saraf termasuk jaringan otot menyebabkan penderita penyakit lepra atau kusta mengalami gangguan di beberapa anatomi tubuh.

Penyakit kusta ada yang bertipe kering dan ini tergolong dalam penyakit kusta yang tidak menular memiliki gejala bercak-bercak putih pada area kulit yang besarnya bisa mencapai sebesar uang logam. Dan satunya adalah jenis kristal cair atau dalam bahasa medis disebut dengan tipe lepromatosa, jenis ini cenderung lebih menular karena terdapat lebih banyak bakteri di dalam cairan tersebut.

Karena bakteri penyebab penyakit kusta atau lepra ini akan lebih mudah menginfeksi tubuh kita apabila mengalami penurunan daya tahan tubuh jadi solusi paling baik untuk mencegahnya adalah tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi agar antibodi yang diproduksi di hepar bisa bekerja dengan optimal.

Komplikasi yang bisa ditimbulkan setelah seseorang terinfeksi dan menderita penyakit lepra atau kusta gangguan saraf perifer juga masalah motorik juga infeksi sekunder seperti jamur pada saluran pernapasan dan infeksi kulit untuk jenis kusta cair.

Itulah penyebab penyakit kusta atau lepra yaitu mycobacterium leprae, dengan mengetahui informasi singkat terkait penyakit ini kita berharap bisa melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi.

Penyebab Penyakit Kusta Atau Lepra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra