Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 22 April 2015

Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis

Penyebab Munculnya Sariawan Atau Stomatitis - Rongga mulut merupakan bagian tubuh yang termasuk paling sering melakukan kontak dengan benda luar dan makanan maupun minuman. Sehingga menjadikannya mudah mengalami masalah kesehatan salah satu yang sering terjadi adalah munculnya sariawan atau dalam bahasa medis disebut stomatitis.

Sariawan atau stomatitis umumnya terjadi pada karena mukosa mulut bagian bibir atau daerah gusi namun pada beberapa orang lidah juga bisa mengalaminya. Karyawan merupakan masalah dimana terjadi erosi atau kerusakan membran mukosa pada rongga mulut.

Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis
Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis.

Kebersihan mulut
Apabila kebersihan mulut kurang dijaga maka potensi timbulnya masalah kesehatan sariawan menjadi tinggi. Itu karena kesempatan untuk bertumbuh dan berkembangnya bakteri atau kuman lebih mudah. Keadaan ini lambat laun akan memicu terjadinya sariawan atau stomatitis.

Anatomi gigi
Ada beberapa orang yang memiliki posisi dan susunan gigi berpotensi merusak maupun menyebabkan perubahan pada mukosa rongga mulut dan inilah yang menjadi cikal bakal terbentuk nya sariawan.

Makanan dan minuman
Jenis makanan dan minuman dengan rasa sangat pedas juga beresiko menjadi penyebab timbulnya sariawan atau stomatitis. Selain citarasa yang pedas makanan dengan tingkat keasaman tinggi termasuk minuman soda dan juga tinggi kandungan gula akan berpotensi merusak mukosa mulut dan juga lidah.

Asap rokok
Bagi para perokok aktif khususnya memiliki kecenderungan lebih mudah terjadi sariawan atau stomatitis.

Penggunaan kawat gigi
Seseorang yang menggunakan behel atau kawat gigi apalagi di awal pemasangan biasanya sering kali kontak dengan rongga mulut dan lambat laun akan melukai mukosa tinggal menyebabkan terjadinya sariawan stomatitis.

Infeksi
Beberapa jenis bakteri maupun kuman juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis. Disamping itu tumbuhnya jamur di sela-sela gigi maupun rongga mulut juga bisa menyebabkan sariawan, jamur biasanya tumbuh karena kebersihan rongga mulut kurang terjaga atau adanya penurunan daya tahan tubuh atau kekebalan imun yang sering dialami oleh penderita penyakit HIV.

Reaksi alergi
Terjadinya proses reaksi alergi bisa menimbulkan beberapa gejala salah satunya adalah sariawan.

Kekurangan gizi nutrisi
Beberapa zat gizi yang berpengaruh terhadap munculnya penyakit sariawan adalah kekurangan vitamin C, vitamin B kompleks, mineral, juga protein merupakan salah satu faktor predisposisi timbulnya sariawan.

Dehidrasi
Kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh selain bisa mengganggu konsenterasi juga bisa mengakibatkan kerusakan pada membran mulut yang berujung pada munculnya penyakit sariawan atau stomatitis.

Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang umumnya sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan obat khusus, hanya perlu menghindari faktor predisposisi sesuai dengan penyebab terjadinya sariawan atau stomatitis tersebut. Meskipun terkesan sepele sariawan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih berbahaya yaitu kekurangan gizi dan nutrisi karena terganggunya proses pencernaan makanan khususnya di bagian mulut.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis.

Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra