Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 28 April 2015

Penyebab Kanker Payudara CA Mamae

Penyebab Kanker Payudara CA Mamae - Penyakit kanker payudara merupakan masalah kesehatan pada wanita dengan tingkat kematian yang cukup tinggi setelah kanker serviks. Kanker payudara memiliki istilah medis carsinoma mammae sering disingkat ca mamae merupakan keadaan patologis dimana terjadi pertumbuhan sel yang abnormal pada jaringan payudara. Penyakit ini cenderung diderita oleh kaum wanita.

Pertumbuhan sel pada jaringan payudara ketika mengalami kanker atau carsinoma menjadi tidak terkontrol terus tumbuh membesar melebihi batas normal.

Penyebab Kanker Payudara CA Mamae
Penyebab Kanker Payudara CA Mamae

Meskipun secara pasti penyebab dari timbulnya penyakit carsinoma mammae ini belum jelas namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi predisposisi kanker payudara atau carsinoma mammae.

Pengaruh hormonal
Tubuh wanita seringkali mengalami perubahan hormonal yang cukup ekstrim khususnya menjelang masa menstruasi. Pada kasus penyakit kanker payudara umumnya terjadi perubahan drastis hormon progresteron.

Infeksi bakteri atau virus
Penyebab kanker payudara lainnya adalah adanya infeksi bakteri maupun virus yang sebelumnya telah melakukan invasi pada jaringan payudara.

Gangguan kromosom
Beberapa ahli berpendapat bahwa terjadinya masalah pada kromosom 17 bisa memicu terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada sel termasuk sel payudara.

Gangguan siklus menstruasi
Haid yang tidak teratur maupun volume darah yang keluar tidak normal seringkali mengacu pada resiko terjadinya carsinoma mammae meskipun sejarah statistik datanya tidaklah terlalu signifikan.

Faktor menyusui
Penyakit kanker payudara cenderung dialami oleh wanita yang tidak menyusui mungkin hal ini ada kaitanya dengan proses hormonal di dalam tubuh. Karena ketika seorang wanita menyusui banyak sekali hormon yang berperan di dalamnya mulai dari hormon prolaktin hingga hormon estrogen untuk memproduksi dan memperlancar jalan keluar dari ASI atau air susu ibu.

Faktor genetik
Garis keturunan juga bisa menjadi penyebab kanker payudara atau carsinoma mammae. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga sebelumnya pernah menderita penyakit kanker payudara maka tinggi risiko juga akan mengalami masalah yang sama. Secara data statistik faktor ini cukup signifikan pengaruhnya.

Faktor eksternal
Yang tergolong ke dalam faktor eksternal sebagai penyebab kanker payudara atau penyakit ca mamae diantaranya jenis makanan yang dikonsumsi tidak mengikuti kaidah kesehatan gizi dan nutrisi, zat kimia berbahaya seperti suntik silikon, juga lingkungan yang tercemar.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kanker payudara penyakit carsinoma mammae. Penyakit ini sebenarnya cukup sulit untuk dideteksi apabila si penderita kurang memperhatikan perubahan fisik yang terjadi.

Gejala awal biasanya ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada area payudara. Kemudian ketika berdiri di depan cermin saat diperhatikan secara seksama akan nampak perbedaan ukuran payudara yang terlihat tidak simetris. Jika dipalpasi atau dilakukan penekanan terasa ada sedikit benjolan yang tidak normal.

Penanganan penyakit kanker payudara pada stadium lanjut biasanya dilakukan tindakan intensif berupa pemberian obat kemoterapi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Semoga informasi singkat terkait penyebab kanker payudara ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam rangka pencegahan.

Penyebab Kanker Payudara CA Mamae Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra