Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 29 April 2015

Cara Meninggikan Badan Secara Efektif

Cara Meninggikan Badan Secara Efektif - Tentu saja setiap orang ingin terlihat menarik di depan semua orang baik dengan menggunakan gaun muncul maupun memiliki bentuk tubuh ideal mulai dari berat badan hingga tinggi badan ideal. Berbicara tentang tinggi badan memang setiap individu mempunyai pertumbuhan dan perkembangan badan berbeda beda namun secara umum ada beberapa prinsip untuk membantu memaksimalkan tinggi badan.

Cara Meninggikan Badan Secara Efektif
Cara Meninggikan Badan Secara Efektif

Berikut beberapa cara meninggikan badan secara efektif.

Penuhi kebutuhan cairan
Elemen yang satu ini memang tidak terlalu diperhatikan terkait dengan pertumbuhan tinggi badan padahal peranannya cukup vital. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan dan elektrolit sehingga sedikit saja terjadi penurunan cairan tubuh atau dehidrasi maka dampaknya pada proses metabolisme akan sangat buruk.

Ketika sel tulang mengalami pertumbuhan berbagai zat akan aktif ketika proses itu terjadi dan air adalah elemen perantara dari berbagai zat tersebut. Tentu saja pertumbuhan tulang akan terganggu ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi secara adekuat.

Cukup istirahat tidur
Tanpa disadari seseorang yang sedang menjalani program untuk meninggikan badan terkadang hanya berfokus pada kebutuhan nutrisi namun kurang memperhatikan kebutuhan istirahat tidur.

Sebagai manusia kita memiliki kodrat aktif beraktifitas di siang hari dan kemudian malam hari merupakan waktu untuk istirahat. Apabila waktu istirahat tidur tidak terpenuhi sekitar 7 - 8 jam perhari bagi orang dewasa maka siklus hormonal menjadi sangat terganggu. Seperti yang kita ketahui hormon pertumbuhan membutuhkan lingkungan atau keadaan tubuh yang sehat agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Aktivitas fisik olahraga
Cara meninggikan badan secara efektif lainnya adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik khususnya olahraga. Namun perlu diperhatikan juga jenis olahraganya sebisa mungkin hindari olahraga yang bersifat mengangkat beban berat karena itu bisa menggambar pertumbuhan tulang salah satu contohnya adalah angkat besi.

Olahraga yang paling tepat adalah lari pagi, renang, juga olahraga yang bersifat menjaga kelenturan tubuh. Ketika melakukan aktivitas olahraga menjaga keselamatan tubuh juga sangat penting apabila terjadi cedera khususnya di area ligamen contohnya pada lututnya itu sangat beresiko mengganggu pertumbuhan sel tulang sehingga menghambat tinggi badan.

Meningkatkan asupan kalsium
Kalsium merupakan zat utama untuk pembentukan jaringan padat seperti tulang. Peranannya untuk meninggikan badan sudah terlihat sejak kita masih dalam kandungan. Jikalau ibu hamil kekurangan kalsium maka efek buruknya adalah pertumbuhan janin secara fisik akan terganggu.

Kalsium bisa kita dapat dari makanan dan minuman seperti contohnya sayuran berwarna hijau dan juga minuman susu seperti yogurt. Jenis makanan laut atau seafood juga termasuk hidangan yang memiliki kandungan tinggi kalsium.

Penuhi kebutuhan vitamin D
Sejak masih di Sekolah Dasar kita sudah diajari bahwa vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan karena dia mampu meninggikan badan secara efektif. Vitamin D bekerjasama dengan kalsium dalam proses pembentukan sel tulang, sebagai contoh ketika terjadi patah tulang untuk mempercepat penyembuhan agar tulang kembali bersatu dengan baik maka dibutuhkan vitamin D.

Vitamin D banyak terdapat di dalam susu dan sayur-sayuran, namun untuk membuatnya menjadi aktif kita membutuhkan sinar matahari khususnya sinar matahari pagi. Ketika kulit kita mendapat cahaya sinar matahari vitamin D yang ada di bawahnya iklan aktif dan siap digunakan untuk pertumbuhan sel tulang.

Faktor usia
Selain faktor nutrisi penting bagi kita juga memperhatikan faktor usia untuk meninggikan badan secara efektif. Tulang mengalami pertumbuhan maxima mulai dari usia 0 hingga 20 tahun, jadi apabila anda ingin menjalani program meninggikan badan sebaiknya dilakukan di usia tersebut karena setelah usia 20 tahun pertumbuhan tulang akan sangat melambat atau bahkan tidak akan terjadi sama sekali dalam artian tinggi badan menjadi konstan.

Faktor hormonal
Hormon yang paling berperan untuk menambah tinggi badan adalah grow hormon. Hormon ini kita dapat sudah sejak dari kandungan dan kaitan nya sangat erat dengan faktor genetik. Setiap orang memiliki kadar grow hormon yang berbeda beda dan bagi individu dengan kadar grow hormon sangat rendah solusi cara meninggikan badan secara efektif adalah menjalani terapi hormonal.

Namun jenis terapi ini hanya bisa dilakukan tempat pelayanan medis dan diawasi oleh orang orang yang berkompeten. Karena jika terjadi kekeliruan efeknya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Perilaku dan gaya hidup sehat
Menerapkan perilaku dan gaya hidup sehat merupakan kewajiban bagi setiap orang karena kesehatan itu sangat mahal harganya. Sebut saja minuman beralkohol jika seseorang terlalu sering mengkonsumsi minuman dengan kadar alkohol tinggi maka itu sangat buruk pada penyerapan kalsium, vitamin D termasuk fosfor.

Itulah beberapa cara meninggikan badan secara efektif namun selanjutnya kembali berpulang pada individu masing-masing karena banyak sekali faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Cara Meninggikan Badan Secara Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra