Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 17 Maret 2015

Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak

Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak - Selama ini ada anggapan bahwa apabila jantung seseorang berhenti maka bisa dipastikan orang tersebut telah mati padahal ada organ sentral yang lebih vital dari jantung yaitu otak. Organ otak merupakan pusat pengaturan dari segala sistem yang ada di dalam tubuh baik organ pernafasan, pencernaan, sirkulasi baik jantung maupun paru-paru, bahkan sistem pertahanan tubuh.

Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak
Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak

Otak mengalami pertumbuhan yang sangat cepat di usia 0 sampai 3 tahun, periode ini biasa disebut dengan periode emas. Sebagai organ sentral yang ada di dalam tubuh manusia otak membutuhkan suplai oksigen juga nutrisi yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan organ lainnya.

Kualitas kinerja otak seseorang bisa mempengaruhi berbagai aspek baik fisiologis maupun psikologis. Semakin baik kinerja otak tentu saja akan menghasilkan individu yang lebih berkualitas.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi dan meningkatkan kinerja dari otak mulai dari nutrisi termasuk aktivitas fisik salah satunya adalah rutin olahraga.

Dengan rutin melakukan aktivitas olahraga khususnya olahraga fisik yang disesuaikan dengan kondisi tubuh secara langsung akan berdampak pada peningkatan suplai oksigen juga nutrisi ke dalam jaringan otak.

Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak
Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak

Disaat kita beraktivitas olahraga seperti jalan santai di pagi hari akan meningkatkan sirkulasi aliran darah juga menstabilkan denyut jantung termasuk pengambilan oksigen di dalam paru-paru yang nantinya akan diteruskan ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh termasuk organ otak.

Apabila kekurangan oksigen juga nutrisi gejala yang paling umum terjadi adalah rasa ngantuk dan malas untuk beraktivitas. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa ketika mengantuk kita pasti akan menguap, tujuan utama dari menguap adalah mengambil oksigen sebanyak mungkin melalui mulut kemudian dimasukkan ke paru-paru disebarkan ke seluruh tubuh.

Jadi kesimpulannya dengan rutin melakukan aktivitas olahraga selain mendapatkan badan yang lebih sehat secara langsung itu juga akan meningkatkan kinerja otak.

Rutin Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra