Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Bertambahnya Berat Badan

4 Penyebab Bertambahnya Berat Badan - Berbeda dengan beberapa dekade terakhir masalah gizi yang cenderung terjadi saat ini adalah meningkatnya jumlah orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Tidak mengherankan karena sekarang makanan tinggi nutrisi dan kalori sangat mudah didapatkan bahkan dengan waktu yang relatif singkat dalam bentuk junk food.

4 Penyebab Bertambahnya Berat Badan
4 Penyebab Bertambahnya Berat Badan

Bertambahnya berat badan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut 4 penyebab bertambahnya berat badan.

Kerja dan makan malam
Kerja malam atau shift malam bisa menjadi salah satu faktor penyebab bertambahnya berat badan dimana secara fisiologis kecenderungan terjadi penurunan penggunaan kalori oleh tubuh di malam hari. Sedangkan kebanyakan dari kita bekerja shift malam sering mengkonsumsi makanan tinggi kalori termasuk camilan tinggi lemak seperti gorengan.

Makanan tinggi kalori
Ini adalah salah satu faktor utama bagaimana berat badan bisa bertambah dengan cepat. Kalori yang seharusnya digunakan untuk "bahan bakar" dalam metabolisme tubuh menjadi berlebihan dan menumpk dan oleh tubuh sendiri disimpan dalam bentuk lipid atau lemak.

Genetik
Pada beberapa orang memang memiliki "bakat" turunan dimana makanan yang dikonsumsi mudah dikonversi menjadi lemak maupun otot. Sehingga meskipun mengkonsumsi kalori secukupnya tetapi tetap mengalami peningkatan berat badan dengan cepat.

Latihan fisik

4 Penyebab Bertambahnya Berat Badan
Massa Otot

Bertambahnya berat badan tidak hanya disebabkan oleh timbunan lemak di dalam tubuh tetapi juga bertambahnya massa otot. Pernahkah Anda melihat binaragawan atau atlet angkat besi dia memiliki tubuh kekar dan berotot, karena dia rutin melakukan latihan fisik sehingga menambah berat massa otot mengakibatkan bertambahnya berat badan.

Itulah 4 dari beberapa faktor penyebab bertambahnya berat badan.