Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 15 Januari 2015

Benarkah Roti Tawar Menyebabkan Kegemukan?

Benarkah Roti Tawar Menyebabkan Kegemukan? - Sebagai menu sarapan selain sereal atau nasi bubur kebanyakan dari kita juga memilih roti sebagai menu utama baik roti tawar maupun roti putih. Roti menjadi pilihan utama karena cukup praktis dan bisa di dihidangkan lebih cepat dibandingkan dengan jenis menu lainnya.

Terkadang bagi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori menghindari konsumsi roti tawar, hal itu terkait dengan adanya sebuah temuan dari beberapa studi bahwa roti tawar bisa menyebabkan terjadinya kegemukan sampai juga menyebabkan obesitas.

Benarkah Roti Tawar Menyebabkan Kegemukan?
Roti Tawar

Studi tersebut menunjukkan hasil bahwa roti tawar memiliki resiko peningkatan berat badan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi jenis roti berbahan baku gandum. Berdasarkan pengamatan terhadap lebih dari 9.000 responden dengan rentang waktu sekitar lima tahun.

Memang dalam studi tersebut peneliti tidak menjabarkan secara rinci kandungan dari kedua roti tersebut hanya membandingkan efek kegemukan atau obesitas yang bisa ditimbulkan.

Roti secara umum memiliki kandungan gizi yang cukup padat, khusus untuk roti tawar sendiri memang memiliki kandungan karbohidrat sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan roti gandum. Mungkin inilah salah satu penyebab mengapa roti tawar disebabkan kegemukan bahkan obesitas.

Roti gandum
Roti Gandum

Salah satu dari tim peneliti mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi roti tawar 2 porsi dalam 1 hari atau lebih memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap terjadinya peningkatan berat badan.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalani program diet rendah kalori akan lebih baik apabila memilih jenis roti gandum sebagai menu sarapan dibandingkan dengan roti tawar. Yang perlu diperhatikan juga adalah pastikan anda memilih selai yang juga rendah kalori, karena kebanyakan jenis selai yang beredar saat ini mengandung tinggi glukosa.

Benarkah Roti Tawar Menyebabkan Kegemukan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra