Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 23 November 2014

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang - Osteoporosis merupakan gangguan yang umumnya terjadi pada lanjut usia dan angkanya cenderung lebih besar pada wanita. Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis sebaiknya menerapkan perilaku dan pola hidup sehat sejak dini. Apalagi akhir-akhir ini gejala penyakit osteoporosis mulai terlihat sebelum seseorang memasuki usia lanjut dan itu berarti pengeroposan tulang sudah mulai terjadi di usia yang lebih muda.

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang
Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang

Tips sederhana untuk menghindari osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah dengan meningkatkan asupan kalsium. Kalsium sendiri merupakan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel tulang. Tidak hanya kalsium tubuh kita juga memerlukan vitamin D juga Fosfor karena ketiga elemen tersebut secara bersamaan bekerja pembentuk jaringan tulang sehingga mampu meregenerasi pertumbuhan dari sel tulang.

Tips selanjutnya untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis yaitu rutin melakukan olahraga. Apabila tubuh seseorang secara aktif bergerak khususnya ketika olahraga itu sangat membantu dalam melenturkan otot dan tulang begitu juga dengan persediaan.

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang OlahRaga Jalan
Olahraga Jalan Kaki Santai

Manfaat lain dari olahraga adalah terpenuhinya kebutuhan vitamin D. Apa hubungan olahraga dengan vitamin D? Vitamin D yang kita dapat dari makanan kemudian diproses oleh tubuh sebenarnya masih bersifat tidak aktif ditempatkan pada jaringan adiposa di bawah jaringan kulit. Vitamin D tersebut akan menjadi aktif apabila mendapat paparan sinar matahari.

Jadi ketika kita melakukan aktivitas olahraga di halaman terbuka kemudian tubuh mendapatkan paparan sinar matahari bekerja secara langsung itu juga akan mengaktifkan vitamin D pada jaringan adiposa.

Hal inilah yang menyebabkan anak-anak di daerah yang jarang mendapatkan sinar matahari cenderung memiliki masalah pada kesehatan tulang mereka. Jadi sangat bersyukur bagi kita yang berada di garis khatulistiwa tidak pernahkah kehabisan sinar matahari khususnya di pagi hingga sore hari.

Sinar matahari yang baik untuk mengaktifkan vitamin D adalah di waktu pagi hari hingga pukul 9 pagi di sore hari mulai pukul 3 sore.

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang Susu
Segelas Susu Baik Untuk Kesehatan Tulang

Dengan memenuhi kebutuhan kalsium juga vitamin D termasuk rutin olahraga akan sangat membantu menghindari terjadinya penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium dan vitamin D terkandung di dalam susu baik susu hewani maupun nabati. Ini juga bisa dijadikan solusi bagi Anda yang alergi terhadap susu hewani bisa beralih ke susu nabati seperti susu kedelai.

Terkadang di masyarakat penyakit osteoporosis pengeroposan tulang diartikan sama dengan penyakit osteoarthritis atau peradangan pada sendi dimana gejalanya terjadi nyeri dan imobilisasi pada persendian.

Itulah tips sederhana untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis pengeroposan tulang sehingga bisa kita jadikan referensi untuk mencegah sedini mungkin meskipun secara umum penyakit ini terjadi pada usia lanjut.

Tips Menghindari Osteoporosis Pengeroposan Tulang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra