Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 08 November 2014

Cara Tepat Menangani Luka Bakar

Cara Tepat Menangani Luka Bakar - Ketika menjalani berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari banyak hal tak terduga bisa terjadi sebut saja luka bakar. Luka bakar sendiri memiliki banyak jenis mulai dari terkena api secara langsung namun bisa juga terkena setrika, termasuk zat kimia yang mampu membakar kulit. Luka bakar sendiri tidak bisa dianggap remeh meskipun area yang terbakar sedikit, dibutuhkan penanganan yang tepat agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat dan sebisa mungkin menghindari adanya bekas luka bakar.

Cara Tepat Menangani Luka Bakar
Luka Bakar

Untuk itu sangat penting untuk kita agar lebih mengerti pertolongan pertama untuk kasus luka bakar. Berikut cara tepat menangani luka bakar.

Pertama, saat luka bakar baru saja terjadi segera jauhkan tubuh dari pusat panas hal ini bertujuan untuk menghindari area yang terbakar semakin lama terpapar oleh suhu tinggi yang berisiko memperparah area tubuh yang mengalami luka bakar.

Selanjutnya basuh area tubuh yang terbakar dengan air bersih mengalir. Jangan menggunakan air menggenang karena nantinya akan merendam area yang terbakar dan ini berpotensi mengakibatkan berakumulasi kotoran dan bakteri. Untuk itu basuhlah dengan air mengalir dengan rentang waktu kurang lebih 5 - 10 menit.

Cara Tepat Menangani Luka Bakar Basuh Dengan Air
Cara Tepat Menangani Luka Bakar Basuh Dengan Air

Dengan membasuh luka bakar menggunakan air bersih mengalir pembantu meredam panas pada area yang mengalami luka bakar. Hindari menggunakan air es, meskipun dengan air es bisa menurunkan suhu dengan lebih cepat namun risikonya adalah penderita luka bakar akan mengalami hipotermi artinya penurunan suhu tubuh dibawah batas normal.

Untuk kasus luka bakar dengan pendarahan sesegera mungkin tekan area yang mengeluarkan darah selanjutnya cepat bawa ke tempat pelayanan kesehatan agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Satu lagi yang perlu diperhatikan ketika menangani kasus luka bakar atau memberikan pertolongan pertama agar diperhatikan higienitas atau kebersihan dijaga karena luka bakar sangat rentan mengalami infeksi.

Pada beberapa kasus luka bakar sering terjadi kesalahan pertolongan pertama contohnya memberi odol atau pasta gigi padahal zat yang terkandung di dalamnya bersifat panas sehingga memperparah area yang mengalami luka bakar.

Jadi ketika ada menemui kasus luka bakar sebaiknya berikan pertolongan pertama dengan membasuh menggunakan air bersih mengalir. Itulah cara tepat menangani luka bakar.

Cara Tepat Menangani Luka Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra