Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 07 November 2014

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak - Seringkali dijadikan "kambing hitam" penyebab dari berbagai penyakit jadi tidak mengherankan apabila banyak orang membatasi bahkan menghindari mengkonsumsi lemak secara berlebihan. Namun meskipun begitu sebenarnya lemak juga memiliki manfaat dibutuhkan oleh tubuh, baik dalam membantu proses metabolisme atau sebagai proteksi tubuh ketika musim dingin sehingga badan tidak mengalami kedinginan.

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak
Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak

Konsumsi lemak perhari pada setiap individu berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi tubuh, berat badan, dan pola aktivitas sehari-hari. Kekurangan asupan lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut beberapa bahaya jika tubuh kekurangan asupan lemak.

Lebih cepat merasa lapar
Tidak banyak disadari bahwa lemak merupakan salah satu sumber energi bersama dengan protein dan karbohidrat. Bahkan kalori yang bisa dihasilkan dari lemak lebih tinggi yaitu sekitar 9 kilo kalori sedangkan pada protein dan karbohidrat menghasilkan 4 kilo kalori per 1 gram.

Kita akan merasa lapar apabila tubuh kekurangan energi yang dihasilkan melalui metabolisme dan membutuhkan kalori. Dengan mengkonsumsi lemak tubuh mendapatkan asupan kalori tinggi sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama itu artinya frekuensi lapar akan berkurang.

Kehilangan kelembaban kulit
Lemak dimetabolisme di dalam hati namun cenderung disimpan di bagian adiposa yaitu jaringan di bawah kulit. Lemak berfungsi melindungi tubuh dari benturan, menahan cuaca dingin, juga sebagai bantalan jaringan kulit bersama denganmu otot. Apabila kadar lemak di bawah jaringan kulit jumlahnya sedikit itu sangat berpotensi mengganggu kestabilan jaringan kulit termasuk membuat kulit mudah kehilangan kelembaban.

Terjadi gangguan hormon
Salah satu fungsi lemak di dalam tubuh adalah sebagai sarana yang membantu metabolisme dan kinerja dari beberapa hormon termasuk vitamin salah satunya vitamin A.

Mudah lelah
Saat beraktivitas kita membutuhkan lebih banyak energi apabila kita kekurangan zat nutrisi termasuk lemak sebagai sumber energi akan sangat mudah mengalami penurunan kehamilan atau mudah mengalami kelelahan.

Risiko hipotermi
Melindungi tubuh kita dengan cara membalut bersama dengan jaringan kulit. Disaat musim dingin atau musim penghujan tubuh mengalami serangan hawa dingin disinilah manfaat dari lapisan lemak dibawah kulit yang memproduksi agar tidak mengalami hipotermia yaitu penurunan suhu tubuh secara mendadak dan di bawah batas normal.

Penyakit kekurangan kalori

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak Marasmus
Penyakit Marasmus

Mungkin anda pernah melihat foto di jaman dulu kebanyakan anak kecil berbadan kurus dengan perut buncit dan rambut berwarna agak kekuningan juga cenderung rewel. Itu adalah salah satu ada kekurangan kalori dimana pasukan karbohidrat, protein, juga lemak tidak adekuat. Risiko dari kekurangan kalori adalah terganggunya pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikologis pada anak.

Itulah beberapa bahaya jika tubuh kekurangan asupan lemak.

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Lemak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra