Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 09 November 2014

5 Penyebab Terjadinya Luka Bakar

5 Penyebab Terjadinya Luka Bakar - Luka bakar adalah kerusakan pada jaringan dimana sel mengalami perubahan secara fisik maupun fungsinya. Secara umum kebanyakan luka bakar disebabkan oleh kontak langsung dengan sumber panas yaitu api, luka bakar sendiri harus mendapatkan pertolongan pertama dan penanganan yang tepat bahkan pada beberapa kasus harus mendapatkan perawatan yang bersifat isolasi karena tingginya risiko terjadi infeksi pada penderita luka bakar.

5 Penyebab Terjadinya Luka Bakar
Luka Bakar

Luka bakar sendiri bisa digolongkan dalam beberapa jenis mulai dari tingkat keparahan dan penyebab luka bakar. Penyebab luka bakar sendiri secara garis besar ada 5 penyebab terjadinya luka bakar.

Luka bakar karena api
Ini adalah jenis luka bakar yang umum terjadi dimana bagian tubuh seseorang mengalami kotak langsung dengan api. Terkena knalpot, panci, penggorengan, juga benda logam lainnya yang memiliki sifat panas juga bisa dikategorikan sebagai luka bakar karena api.

Luka bakar karena air panas
Jenis luka bakar ini cukup sering terjadi di dapur cenderung terjadi pada kaum wanita yang sedang memasak. Bagian tubuh yang tersiram air panas jaringannya akan mengalami kerusakan karena pecahnya sel. Luka bakar terkena air panas akan semakin parah apabila cairan tersebut bersifat kental. Yang tergolong dalam luka bakar karena air panas tidak hanya air rebusan tetapi juga minyak goreng.

Luka bakar karena sengatan listrik
Listrik yang bertegangan tinggi apabila kontak langsung dengan tubuh kita bisa menyebabkan terbakarnya jaringan, bahkan pada beberapa kasus bisa sampai menyebabkan kematian.

Luka bakar karena zat kimia
Beberapa zat kimia berbahaya bagi tubuh kita sebut saja air keras yang secara fungsional digunakan untuk membersihkan benda logam. Apabila bagian tubuh kita sebut saja kulit tersiram oleh cairan kimia itu sangat berpotensi menyebabkan kerusakan jaringan kulit kereta terbakar.

Luka bakar karena radiasi
Tidak banyak disadari bahwa radiasi juga berpotensi menyebabkan terjadinya luka bakar. Sebut saja paparan sinar ultraviolet dengan frekuensi yang terlalu sering mampu menyebabkan terbakarnya lapisan kulit meskipun memiliki tingkat luka bakar yang berbeda. Selain sinar ultraviolet beberapa jenis radiasi bisa menyebabkan terjadinya luka bakar adalah alat terapi seperti untuk penderita penyakit kanker dengan tujuan menghancurkan sel kanker.

Itulah 5 penyebab terjadinya luka bakar yang secara umum wajib kita ketahui karena dibutuhkan dalam mengidentifikasi dan menentukan tidakan selanjutnya.

5 Penyebab Terjadinya Luka Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra