Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 17 September 2014

Wanita Butuh Lebih Banyak Air Dibanding Pria

Wanita Butuh Lebih Banyak Air Dibanding Pria - Saat menjalankan aktivitas baik secara fisik maupun psikologis tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme hal tersebut dibarengi dengan meningkatnya jumlah penggunaan air oleh tubuh. Peranan air dalam proses metabolisme cukup vital selain sebagai katalisator juga menjadi zat yang berperan aktif mengatur suhu tubuh. Secara fisiologis tubuh manusia didominasi oleh kandungan air yang jumlahnya mencapai 80%, dari sana bisa kita lihat bagaimana air menjadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan proses kerja pada setiap jaringan tubuh.

Wanita Butuh Lebih Banyak Air Dibanding Pria
Wanita Butuh Lebih Banyak Air Dibanding Pria

Ada sedikit berbeda jumlah kandungan air di dalam tubuh manusia antara pria dengann wanita dimana pada pria sedikit lebih banyak yaitu sekitar 80% sedangkan pada wanita sedikit di bawahnya yaitu berkisar 75%.

Meskipun jumlah kadar air dalam tubuh wanita lebih sedikit dibandingkan dengan pria tetapi wanita butuh lebih banyak air dibanding pria.

Situasi ini terjadi karena pada wanita terdapat hormon reproduksi estrogen progesteron dimana quantity dari kedua hormon tersebut cenderung meningkat sewaktu-waktu tempatnya ketika berakhirnya masa subur atau datang bulan.

Pada periode tersebut aktivitas metabolisme pada wanita cenderung meningkat sehingga penggunaan kalori juga cairan meningkat tajam. Apabila tidak diimbangi dengan minum air yang cukup maka tubuh berpotensi mengalami dehidrasi.

Gejala tubuh mengalami dehidrasi diantaranya penurunan konsentrasi, meningkatnya suhu tubuh, kulit menjadi tampak kering, bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan bedah jantung detaknya menjadi lebih cepat.

Selain cairan wanita juga membutuhkan lebih banyak elektrolit seperti kalium, natrium, magnesium, untuk menunjang kinerja otot sistem reproduksi. Ini masih belum banyak disadari bahwa wanita lebih banyak air dibanding pria khususnya ketika memasuki masa menstruasi.

Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan menerapkan solusi membawa bekal air minum mineral ketika berpergian keluar rumah. Sistem tubuh akan bekerja lebih optimal apabila kebutuhan cairan terpenuhi. Itulah alasan mengapa wanita membutuhkan lebih banyak air dibanding pria. Minum Air Tidak Membunuh Virus

Wanita Butuh Lebih Banyak Air Dibanding Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra