Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 03 September 2014

Semakin Tua Semakin Tinggi Risiko Sembelit

Semakin Tua Semakin Tinggi Risiko Sembelit - Kondisi kesehatan saluran pencernaan seseorang juga bisa menentukan status gizi. Apabila sistem pencernaan bekerja dengan baik makalah proses pengolahan dan penyerapan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam makanan akan bekerja dengan baik pula. Dari makanan tubuh kita bisa mendapatkan berbagai zat yang nantinya dimanfaatkan untuk proses metabolisme tubuh. Namun seiring bertambahnya usia sistem kerja saluran pencernaan juga akan semakin menurun ini berhubungan dengan proses degenerasi.

Semakin Tua Semakin Tinggi Risiko Sembelit
Semakin Tua Semakin Tinggi Risiko Sembelit

Sistem pencernaan tubuh kita dimulai dari rongga mulut tenggorokan, lambung, usus halus, usus besar, dan rektum. Semua bagian dari saluran pencernaan ini akan memproses makanan dan minuman secara bertahap. Berikut beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi saluran pencernaan.

Semakin tua semakin tinggi risiko sembelit
Seiring dengan terjadinya proses degenerasi membuat sistem saluran pencernaan bekerja lebih lambat sehingga makanan yang berada di dalam tidak mengalami pergerakan dan penyerapan zat nutrisi secara optimal. Selain itu kecenderungan usia yang bertambah tua enggan untuk melakukan aktivitas fisik yang berpengaruh pada kinerja saluran pencernaan.

Efek kacang-kacangan bagi lambung
Makanan jenis kacang-kacangan sebenarnya memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan lambung karena dia mampu memproduksi banyak gas, ini yang biasanya membuat orang yang hobi makan kacang-kacangan sering merasa kembung. Kacang-kacangan juga berpotensi menyebabkan terjadinya peradangan pada lambung.

Masakan pedas pemicu sakit maag

Terlalu banyak mengkonsumsi masakan pedas akan memicu peningkatan produksi asam lambung. Seperti yang kita ketahui asam lambung bisa merusak mukosa dari dinding lambung sehingga terjadilah erupsi dan menyebabkan sakit maag.

Obat anti nyeri tidak bersahabat dengan lambung
Beberapa jenis obat anti nyeri atau bahkan sebagian besar sangat tidak bersahabat dengan lambung. Seperti halnya dengan masakan pedas obat anti nyeri bisa meningkatkan produksi asam lambung dan efek sampingnya adalah penyakit maag. Untuk itu dihimbau bagi penderita penyakit maag untuk membatasi konsumsi obat anti nyeri khususnya yang memicu produksi asam lambung.

Itulah beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi kesehatan lambung termasuk semakin tua semakin tinggi risiko sembelit. Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung

Semakin Tua Semakin Tinggi Risiko Sembelit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra