Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Stroke Bisa Diketahui Melalui Mata

Penyakit Stroke Bisa Diketahui Melalui Mata - Stroke adalah penyakit gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi pada jaringan otak baik sebagian maupun total. Penyakit stroke sendiri secara umum terdapat dua jenis yaitu hemoragik karena terjadinya perdarahan di dalam otak, yang kedua adalah stroke thrombosit karena adanya sumbatan pada pembuluh darah otak. Ini mengakibatkan otak kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga mengalami kegagalan fungsi.

Penyakit Stroke Bisa Diketahui Melalui Mata
Penyakit Stroke Bisa Diketahui Melalui Mata

Untuk mengetahui seseorang mengalami stroke atau tidak harus dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium khususnya pada daerah kepala baik menggunakan CT Scan ataupun MRI.

Dan ternyata baru-baru ini sebuah studi di Inggris menemukan bahwa penyakit stroke bisa diketahui melalui pemeriksaan mata dengan cara melihat anatomi dan fisiologi dari retina.

Sebelum melakukan pemeriksaan mata khususnya pada retina diberikan cairan khusus tetes mata yang bertujuan agar pupil bisa melebar. Setelah itu bagian retina diamati menggunakan mikroskop khusus dengan mengamati tekanan pada daerah retina.

Pada studi yang telah dilakukan di Inggris tersebut didapat hasil orang yang memiliki tekanan pada retina atau yang disebut juga hipertensi retinopati ringan risiko terkena penyakit stroke 25%, sedangkan hipertensi retinopati tinggi memiliki risiko terkena penyakit stroke hampir 137%.

Meskipun temuan ini baru sebatas studi namun hasil yang didapat cukup signifikan. Dan memang salah satu gejala penyakit stroke adalah terjadinya penurunan tajam penglihatan.

Tentu saja studi ini bisa dijadikan referensi untuk menambah daftar bagaimana tes pada penyakit stroke bisa dilakukan dengan lebih mudah, atau sebagai pemeriksaan rujukan disamping pemeriksaan foto saraf.

Penyakit stroke bisa diketahui melalui mata. Tips Mencegah Terserang Penyakit Stroke