Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 09 Agustus 2014

Jumlah Kandungan Protein Pada Daging Dan Telur

Jumlah Kandungan Protein Pada Daging Dan Telur - Protein merupakan mikro nutrien yang dalam bahasa kimia disebut asam amino. Protein secara umum terdiri dari dua jenis yaitu hewani dan protein nabati. Untuk protein hewani bersumber dari makanan seperti daging, susu sapi, telur, juga ikan laut. Sedangkan protein nabati bersumber dari makanan seperti susu kedelai juga kacang kacangan.

Jumlah Kandungan Protein Pada Daging Dan Telur
Jumlah Kandungan Protein Pada Daging Dan Telur

Dikalangan masyarakat pada umumnya yang lebih populer adalah protein hewani sebagai sumber energi seperti pada daging dan telur. Namun jika diteliti lebih dalam terkait jumlah kandungan protein pada daging dan telur apakah ada perbedaan? Mari kita cari tahu.

Protein pada telur
Telur merupakan jenis bahan baku makanan yang sangat mudah didapat dan harganya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan harga daging. Di setiap 100 gram telur khususnya telur rebus didalamnya terkandung sekitar 13 gram protein. Sedangkan pada telur orak arik kandungan protein yang terdapat di dalamnya sedikit lebih rendah yaitu sekitar 10 gram protein dari 100 gram. Kandungan protein lebih banyak terdapat pada kuning telur karena di dalamnya memiliki lemak jenuh juga kolesterol.

Protein pada daging merah
Daging merah yang dimasak dengan cara dipanggang maupun digoreng merupakan jenis makanan yang kurang baik bagi kesehatan karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi meskipun demikian daging merah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dari 100 gram daging merah didalamnya terkandung sekitar 25 gram protein, sedangkan pada daging domba kandungan proteinnya 28 gram per 100 gram.

Protein pada daging unggas
Setelah telur sumber protein yang paling dominan dikonsumsi oleh masyarakat adalah protein yang bersumber dari daging unggas. setiap 100 gram daging ayam yang sudah dimasak dengan cara pemanggangan memiliki kandungan protein 25 gram.

Protein pada daging ikan
Daging ikan juga mengandung banyak protein, daging ikan salmon dengan kandungan protein mencapai 23 gram dari 100 gram. Daging ikan tuna memiliki kandungan protein paling banyak yaitu 29 gram protein dari 100 gram daging ikan tuna. Disamping memiliki kandungan protein tinggi daging ikan khususnya ikan laut juga memiliki kandungan lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

Itulah jumlah kandungan protein pada daging dan telur yang secara umum terbatas jenis protein bersumber dari hewani. Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein

Jumlah Kandungan Protein Pada Daging Dan Telur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra