Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 28 Juni 2014

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya Bagi Jantung

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya Bagi Jantung - Bagi orang yang memiliki penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh mereka seperti perut dan pantat harus lebih waspada terhadap masalah kesehatan yang yang bisa di timbulkan. Karena orang yang mempunyai jumlah lemak lebih dari cukup di dalam tubuhnya memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan kesehatan pada organ jantung.

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya Bagi Jantung
Ilustrasi perilaku berpotensi terjadi obesitas

Sudah banyak study memberikan petunjuk bahwa sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas 3 kali lebih banyak mengalami gangguan kesehatan pada jantung, juga dua kali lebih banyak terjadi kematian karena obesitas tersebut jika dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal.

Beberapa alasan mengapa obesitas berbahaya bagi jantung karena penumpukan lemak tidak hanya terjadi di daerah perut dan pantat juga beberapa bagian tubuh lainnya namun ada juga di jaringan kardiovaskuler yaitu pembuluh darah. Volume lemak yang terus meningkat di dalam pembuluh darah akan mengganggu sirkulasi dari aliran darah.

Yang membutuhkan darah tidak hanya sel yang ada di organ tertentu seperti otak atau jaringan kulit, jantung sendiri juga membutuhkan darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar bisa bekerja optimal memompa darah ke seluruh tubuh. pada kasus obesitas penumpukan lemak pembuluh darah aorta juga arteri koroner yang merupakan saluran darah menuju ke jantung seringkali juga ditumbuhi oleh emak sehingga menghambat nutrisi masuk ke dalam jantung.

Selain karena terjadi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah obesitas juga mengurangi ruang gerak dari jantung karena terdesak oleh lemak yang terdapat di di daerah perut. Tumpukan lemak tersebut juga mengakibatkan ekspansi paru paru tidak bisa maksimal sehingga menyebabkan terjadinya sesak nafas.

Untuk ukuran orang Asia lingkar perut ideal adalah dibawah 90 sentimeter pada orang dewasa jika di atas angka tersebut maka perlu diwaspadai mengalami obesitas. Di jaman saat ini semakin banyak orang mengalami obesitas hal ini disebabkan karena perubahan pola makan juga karena menu makanan yang cenderung mengandung tinggi kalori.

Jadi kondisi obesitas perlu mendapatkan perhatian karena masalah yang di timbulkan tidak ada masalah body image tetapi juga gangguan kesehatan khususnya bagi kesehatan jantung. Untuk menghindari terjadinya obesitas sangat penting menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat salah satunya adalah rutin berolahraga juga mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya Bagi Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra