Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 12 Mei 2014

Mengapa Penderita Penyakit Asma Sering Merasa Ngantuk

Mengapa Penderita Penyakit Asma Sering Merasa Ngantuk - Penyakit Asma memiliki bererbagai jenis namun secara umum asma adalah terjadinya gangguan jalan napas karena penyempitan saluran napas. Asma bisa terjadi karena alergi atau pun komplikasi dari penyakit lain seperti TBC. Asma bisa menyerang berbagai usia mulai bayi hingga lanjut usia.

Mengapa Penderita Penyakit Asma Sering Merasa Ngantuk
Ilustrasi Penderita Penyakit Asma

Sering kali penderita penyakit asma mengeluhkan cepat lelah dan sering merasa ngantuk, mengapa penderita penyakit asma sering merasa ngantuk?

Sebelumnya perlu diketahui tujuan kita bernapas adalah untuk membuang karbon dioksida dari dalam tubuh dan menghirup oksigen dari udara bebas masuk ke paru-paru lalu di pompa ke seluruh tubuh oleh jantung bersamaan dengan darah. Fungsi utama oksigen adalah sebagai koponen "bahan bakar" metabolisme tubuh, sebagai contoh api tidak bisa menyala kalau tidak ada udara. Lalu apa hubungannya dengan dengan penyakit asma sering merasa ngantuk?

Semua organ tubuh melakukan metabolisme dan membutuhkan oksigen, dari semua organ otak melakukan metabolisme paling banyak dia membutuhkan oksigen lebih banyak. Ketika terjadi penyakit asma asupan oksigen berkurang itu berarti suplai oksigen ke otak juga berkurang, jika ini terjadi sistem otomatis pada tubuh akan memberi peringatan bahwa otak kekurangan oksigen ditandai dengan menguap atau timbul rasa kantuk.

Mengantuk berarti tubuh harus istirahat secara fisik dan psikologis, dengan istirahat penggunaan oksigen akan difokuskan ke otak karena otot, tulang, saraf, dan organ lainnya dalam modus istirahat.

Itulah penyebab mengapa penderita penyakit asma sering merasa ngantuk. Pesannya adalah jika terjadi rasa ngantuk segeralah istirahat karena itu sebuah peringatan oleh tubuh bahwa otak kekurangan oksigen - Mengapa Penderita Penyakit Asma Sering Merasa Ngantuk.

Mengapa Penderita Penyakit Asma Sering Merasa Ngantuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra