Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 29 April 2014

Cara Alami Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dini

Cara Alami Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dini - Osteoporis adalah gangguan dimana terjadinya penurunan kepadatan tulang sehingga rentan mengalami fraktur atau patah juga mengurangi kemampuan aktivitas fisik. Osteoporis sebenarnya proses alami yang mulai terjadi ketika memasuki usia lanjut khusunya bagi kaum wanita yang sudah menopause.

Cara Alami Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dini
Ilustrasi Osteoporosis

Meskipun penurunan kepadatan tulang atau menopause merupakan proses alami tapi kondisi ini bisa diminimalisir atau menghindari osteoporosis dini. Berikut cara alami mencegah terjadinya osteoporosis dini.

Gaya dan pola hidup sehat
Untuk mencegah terjadinya osteoporis dini bisa dimulai dengan menerapkan gaya dan pola hidup sehat. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol tinggi karena bisa mengurangi penyerapan kalsium oleh tubuh. Selain merokok dan minuman beralkohol beberapa jenis makanan juga bisa membatasi penyerapan kalsium seperti kafein, diet tinggi garam, minuman soda, dan konsumsi protein hewani yang berlebihan.

Selain menjaga pola makan rutin olahraga khususnya pagi atau sore hari juga baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis dini.

Penuhi asupan kalsium
Pada orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sekitar 800 mg/hari. Kalsium banyak terdapat pada susu, yogurt, sayur berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli, juga ikan laut.

Jaga kebutuhan vitamin D
Kebutuhan vitamin D pada orang dewasa normal kira-kira 400 IU/hari. Vitamin D banyak terdapat pada ikan salmon, telur, jamur, udang, dan tahu.

Vitamin D yang kita dapat dari makan bersifat inaktive untuk mengaktifannya dibutuhkan sinar matahari, itulah mengapa kita perlu olahraga pagi atau sore hari agar mendapat paparan sinar matahari untuk mencegah terjadinya menopause dini [sinar matahari yang baik pukul 07:00 - 09:00 dan pukul 15:00 - 17:00].

Rutin cek kesehatan tulang
Cek kepadatan tulang bisa dilakukan dengan alat Densitometri. Alat ini bisa melihat komposisi mineral pada tulang dan melihat ada tidaknya tanda-tanda osteoporosis, ada baiknya bagi orang yang berusia 55 tahun ke atas rutin melakukan cek kepadataan tulang.

Itulah beberapa cara alami mencegah terjadinya osteoporosis dini.
Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru

Cara Alami Mencegah Terjadinya Osteoporosis Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra