Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 05 Juli 2013

Diberi Kampres Hangat Lebih Efektif Untuk Mengatasi Panas Demam

Diberi Kampres Hangat Lebih Efektif Untuk Mengatasi Panas Demam - Demam bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kekurangan cairan atau dehidrasi, suhu lingkungan yang panas, aktivitas berlebihan, dan yang paling umum adalah gejala dari infeksi mulai dari ringan sampai berat. Panas pada demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh dimana nilai normal antara 36.5° C - 37.5° C bisa menjadi 39° C - 41° C. Untuk penanganan awal demam biasanya diberi kompres hangat atau dingin.

Diberi Kampres Hangat Lebih Efektif Untuk Mengatasi Panas Demam
Kampres Untuk Mengatasi Panas Demam

Jika muncul pertanyaan mana yang lebih efektif untuk mengatasi panas demam, apakah kompres hangat atau dingin? Jawabannya adalah kompres hangat, kenapa?

Pada kondisi tubuh panas demam suhu meningkat di dalam tubuh ada beberapa cara untuk menurunkannya salah satunya dengan mengeluarkan penumpukan panas tersebut, inilah prinsip kerja kompres hangat/dingin. Sebelumnya saya sudah menjelaskan cara kerja kompres hangat dan kompres dingin nanti bisa baca di bawah, dengan memberi kompres hangat [bukan panas] pori-pori kulit tubuh akan terbuka sehingga membantu pelepasan panas tubuh, kulit juga akan mendeteksi bahwa suhu di luar lebih tinggi sehingga hipotalamus pada otak sebagai pusat pengatur suhu tubuh akan menurunkan suhu tubuh sebagai penyesuaian.

Jika diberi kompres dingin sisi negatifnya adalah kontras antara suhu tubuh yang panas dengan kompres yang dingin sehingga bisa menimbulkan hipotermi penurunan suhu tubuh secara mendadak juga kompres dingin kurang nyaman saat ditempelkan di bagian tubuh pada orang panas demam.

Jadi kompres hangat lebih efektif daripada kompres dingin untuk mengatasi panas demam - Diberi Kampres Hangat Lebih Efektif Untuk Mengatasi Panas Demam.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Cara Kerja Kompres Hangat dan Dingin.

Diberi Kampres Hangat Lebih Efektif Untuk Mengatasi Panas Demam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra